Sabtu, 23 Januari 2021 |
News Room - Pemerintahan

Dewan Dorong Pemkab Serang Sediakan Layanan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat

Kamis, 09 Mar 2017 | 11:10 WIB Dibaca: 1219 Pengunjung

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Serang, Abdul Gofur.*

SERANG, [NEWSmedia] - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Serang, Abdul Gofur mendorong dibuatnya Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Serang yang mengatur tentang Bantuan Hukum terhadap masyarakat yang kurang mampu, diberikan secara gratis.

Hal tersebut diungkapkan Abdul Gofur saat menengok gadis berusia 14 tahun yang menjadi korban pemerkosaan ayah tirinya. Kini gadis itu telantar dan diurus warga di Desa Ragas Masigit, Kecamatan Carenang Kabupaten Serang.

"Pemda harus merumuskan Perda Bantuan Hukum secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu itu," kata Gofur, Rabu (8/3/2017).

Ia mengatakan, Perda Bantuan Hukum masyarakat dianggap penting dan sangat dibutuhkan, mengingat banyaknya kasus hukum yang menimpa masyarakat tidak mampu, seperti yang dialami gadis berusia 14 tahun itu.

Berita terkait: Diperkosa Berkali-kali, Gadis Usia 14 Tahun akan Laporkan Ayahnya ke Polres Serang

"Jangan sampai hal serupa terjadi lagi. Apalagi ini korbannya masih di bawah umur. Harusnya pemkab belajar dari kejadian sebelumnya. Advokasi hukum pemda dilakukan secara menyeluruh, dari proses kepolisian sampai tingkat pengadilan, dibackup full," ucapnya.

Menurut Gofur, apabila Pemkab Serang tidak melakukan pendampingan terhadap korban yang masih di bawah umur tersebut, pihaknya bersama pemerintah desa akan melakukan pendampingan secara non litigasi.

"Kita sebagai wakil rakyat dengan kepala desa akan melakukan pendampingan non litigasi dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli terhadap korban ini, karena korban ini anak yatim dan terlantar," terangnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dewan Dorong Pemkab Serang Sediakan Layanan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top