Jumat, 30 Oktober 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Destinasi Wisata Kids Zaman Now di Rumah Pohon Tombo

Senin, 11 Des 2017 | 16:00 WIB Dibaca: 635 Pengunjung

Pesona rumah pohon tombo.*

[NEWSmedia] - Kabupaten Batang, Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai daerah yang memiliki eksotisme pariwisata laut dan pegunungan. Bagi Anda yang berburu destinasi alam paling ngehits, jangan lewatkan untuk mengunjungi rumah pohon Tombo.

Rumah pohon Tombo berada di wilayah pegunungan, tepatnya Desa Tombo, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Letaknya hanya berjarak 20 kilometer ke selatan dari pusat kota.

Destinasi super cantik ini dibangun di atas pohon beringin. Terdapat dua rumah yang dibangun, yakni bagian atas rumah dengan warna merah dan bagian bawah.

Rumah pohon bagian atas menjadi spot paling menarik bagi pengunjung. Dari puncak ketinggian, pengunjung bisa melihat pesona hamparan pohon pinus nan asri.

Dari kejauhan terlihat pula percikan air yang menghantam bebatuan sekitarnya. Percikan air ini menjadi suara gemuruh yang menawan dan dijamin meneduhkan.

Rumah pohon Tombo memang baru dibangun pada 2015. Destinasi ini muncul berkat tangan-tangan kreatif para pemuda setempat dan dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan. Meski terbilang baru, rumah pohon Tombo selama ini sudah dapat menyedot perhatian wisatawan dalam dan luar daerah. 

"Setiap harinya rata-rata pengunjung kisaran 100 pengunjung. Kalau akhir pekan bisa mencapai 200 orang. Kami sangat beruntung memiliki rumah pohon," kata Sodikin, salah satu pengelola rumah pohon Tombo kepada VIVA, Sabtu, 9 Desember 2017.

Selain spot rumah pohon, imbuh Sodikin, ada spot yang menarik lagi di kawasan ini. Salah satunya bukit hutan cemara yang cukup eksotik. Bukit cemara selama ini kerap dijadikan lokasi foto prewedding dan buruan foto model. 

Bagi anak-anak, disediakan pula taman bermain. Ketika lelah, pengunjung dapat beristirahat di gazebo-gazebo yang telah disediakan. 

"Semuanya berbahan kayu. Maka dari itu kami membatasi 10 menit bagi pengunjung yang berada di rumah pohon. Agar tetap aman. Untuk kenyamanan juga, para pedagang kami imbau untuk tetap berada di luar pintu masuk. Agar kami mudah mengelola sampah," ujar pria 25 tahun ini.

Harga tiket masuk rumah pohon Tombo pun cukup terjangkau. Pengunjung hanya harus merogoh kocek sebesar Rp5 ribu untuk parkir mobil, serta Rp2 ribu untuk motor. Selain murah meriah, sensasi yang ditawarkan di sini akan dibayar dengan keindahan alamnya.

"Kami senang karena kawasan ini telah mendatangkan rezeki serta mengenalkan Kecamatan Bandar yang jarang terdengar di luar," ujarnya.

Ahmad Sofa, salah satu pengunjung, menyebut rumah pohon Tombo menjadi tempat yang asyik bagi kawula muda yang akrab disebut kids zaman now. Menurutnya, semua lokasi di kawasan rumah pohon ini layak untuk berburu swafoto dan berkelompok. 

"Saya suka hunting foto, lantas dapat kabar ada rumah pohon Tombo. Saya langsung ke sini. Pemandangannya elok, banyak spot foto yang asyik," ujar warga asli Kendal itu. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Destinasi Wisata Kids Zaman Now di Rumah Pohon Tombo

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top