Kamis, 19 September 2019 |
Pariwisata - News Gallery

Destinasi Wisata Kampung Nelayan Grand Pathek Diluncurkan

Senin, 18 Des 2017 | 17:08 WIB Dibaca: 846 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pemerintah Kabupaten Situbondo, meluncurkan Wisata Kampung Nelayan Grand Pathek sebagai tujuan wisata baru di salah satu desa yang pengelolaannya langsung oleh desa dan kelompok nelayan.

"Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, yang memiliki inovasi dan menganggarkan pengembangan wisata yakni Wisata Kampung Nelayan Grand Pathek," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) Pemkab Situbondo, Sofwan Hadi usai acara Peluncuran Wisata Kampung Nelayan Grand Pathek di Situbondo.

Ia mengemukakan, Wisata Kampung Nelayan Grand Pathek yang lokasinya berada di sebelah utara atau sekitar tujuh kilometer dari Kota Situbondo menjadi destinasi wisata baru atau alternatif bagi masyarakat Situbondo maupun luar kabupaten.

Dengan diresmikannya objek wisata ini, katanya, dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain yang memiliki potensi wisata untuk juga turut mengembangkannya. Dan tentunya ada kerja sama antara pemerintahan desa dan masyarakat desa setempat. "Wisata Kampung Nelayan Grand Pathek yang pasti juga secara tidak langsung mendukung program Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, yaitu 'Tahun Kunjungan Wisata 2019'," katanya.

Sementara Kepala Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Djasmoto mengatakan objek Wisata Kampung Nelayan Grand Pathek itu dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan bekerja sama dengan kelompok nelayan setempat.

"Pengembangan objek wisata pantai ini di anggarkan melalui alokasi dana desa dan dana desa (ADD/DD) dan dikelola oleh BUMDes dan dalam pengelolaan objek wisata ini juga melibatkan masyarakat khususnya para nelayan," tuturnya.

Ia menambahkan, penyertaan modal untuk BUMDes pada Tahun Anggaran 2017 sekitar Rp150 juta untuk pembangunan fasilitas dan sarana prasarana Wisata Kampung Nelayan Grand Pathek. Dan ia mengakui masih banyak program pengembangan wisata tersebut yang belum bisa diselesaikan tahun ini seperti sarpras dan fasilitas warung kampung nelayan dan fasilitas lainnya.

Dalam pantauan, objek Wisata Kampung Nelayan Grand Pathek menyajikan fasilitas kolam renang bagi anak-anak dan dewasa dengan latar belakang pemandangan laut, taman bermain, pelabuhan terbuat dari bambu sebagai sarana berswafoto (selfie) serta wisata rumah apung. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Destinasi Wisata Kampung Nelayan Grand Pathek Diluncurkan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top