Selasa, 22 September 2020 |
News Room - Politik

Demokrat Banten Buka Pendaftaran Caleg, Ini Jadwal dan Tahapannya

Selasa, 06 Mar 2018 | 18:51 WIB Dibaca: 852 Pengunjung

Wakil Ketua Bappilu DPD Partai Demokrat Provinsi Banten, Heri Handoko saat jumpa pers di Raj Kafe, Kota Serang, Selasa (6/3/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Banten akan membuka pendaftaran bagi bakal calon legislatif tingkat provinsi dan kabupaten/ kota se-Provinsi Banten untuk Pemilu 2019.

Wakil Ketua Bappilu DPD Partai Demokrat Provinsi Banten, Heri Handoko mengatakan, tahap pertama yang akan dilakukan adalah launching Bakal Caleg DPD Partai Demokrat Provinsi Banten antara tanggal 17 dan 18 Maret 2018.

"Selanjutnya tanggal 18 sampai 30 Maret 2018, adalah pengambilan formulir, kami membuka seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik di Banten untuk mendaftar menjadi bacaleg dan ini tidak dipungut biaya sepeserpun," kata Heri saat jumpa pers di Raj Kafe, Kota Serang, Selasa (6/3/2018).

Ia menjelaskan, tanggal 1 April 2018, adalah tahapan pengembalian formulir dari bakal calon legislatif ke masing-masing Dewan Pimpinan Cabang (DPC) kabupaten/ kota atau ke Provinsi Banten.

"Tanggal 2 sampai 13 April, kita lakukan verifikasi berkas yang akan dilakukan oleh Bapilu, semua digodok, mana yang lolos dan mana yang tidak lolos administrasi," jelasnya.

Tanggal 14 April 2018, lanjut Heri, pihaknya akan melakukan dit and proper test bagi seluruh bakal caleg yang telah mendaftar, hal itu dilakukan, untuk mengetahui keseriusan dari bakal caleg yang mendaftar, baik untuk DPRD kota/kabupaten ataupun DPRD provinsi.

"Tanggal 15 sampai 28 April, kita akan survei, survei dilakukan oleh DPD Banten, dilihat dari popularitas, elektabilitas, ini sebagai barometer DPD Banten untuk mencalonkan yang mendaftar di Demokrat," terangnya.

Sementara itu, Ketua Bappilu DPD Partai Demokrat Provinsi Banten, Azwar Anas mengungkapkan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh bakal caleg yang akan mendaftar di partai besutan SBY tersebut.

"Kriterianya yang sesuai dengan visi, misi dan moto partai, cerdas, santun dan membela kepentingan rakyat dan mampu memberi solusi, loyal terhadap partai, dan punya elektabilitas dan popularitas serta jaringan yang luas," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, meski pendftaran tersebut dibuka untuk umum, namun prioritas utama adalah kader partai, sementara yang dari luar partai, akan disesuaikan dengan Dapil masing-masing kota/ kabupaten.

"Prioritas utama adalah kader, kedua di luar kader, kita sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Dapil, tapi salah satu syarat yang saklek adalah persyaratan dari KPU, tapi kedepan, Demokrat juga mendorong calon yang mempunyai integritas yang tinggi," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Demokrat Banten Buka Pendaftaran Caleg, Ini Jadwal dan Tahapannya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top