Minggu, 16 Agustus 2020 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Dekan FISIP Unsera Sarankan Rano Karno Tidak Berpasangan Dengan Politisi

Kamis, 18 Agt 2016 | 11:03 WIB Dibaca: 4792 Pengunjung

Dekan FISIP Universitas Serang Raya, Abdu Malik.*

SERANG, [NEWSmedia] – Hingga saat ini, PDI Perjuangan belum mengeluarkan keputusan terhadap Rano Karno dan wakilnya untuk maju di Pilkada Provinsi Banten 2017. Masalah komunikasi politik ditenggarai menjadi penyebab terhambatnya Rano Karno sulit mendapatkan pendamping dan partai politik koalisi.

“Saya kira, detik per detik masih terus terjadi negosiasi alot antara Rano dengan parpol, terutama dengan PDI-P nya. Karena saya yakin, dalam proses mencari pasangan (termasuk koalisi parpol), tidak terlepas dari mahar-mahar politik, baik berbentuk uang atau pembagian-pembagian kekuasaan yang lain,” kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Serang Raya (FISIP Unsera), Abdul Malik kepada NEWSmedia, Kamis (18/8/2016).

Abdul Malik mengatakan, Rano Karno idealnya disandingkan dengan tokoh yang memiliki latar belakang sebagai birokrat. Hal tersebut akan memperkuat roda pemerintahan jika Rano terpilih. Namun jika Rano mengambil wakil berlatarbelakang politisi, Malik memprediksi dalam perjalanan pemerintahan nantinya akan terjadi disharmoni.

“Lagipula, jika PDI Perjuangan menginginkan Rano bersanding dengan orang yang berasal dari parpol, maka proses-proses negosiasi dan mahar-mahar politik tidak bisa terhindarkan,” ujarnya, menegaskan.

Namun, Malik juga mengatakan PDIP sebagai partai yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Provinsi Banten akan mengambil keputusan yang realistis. Partai tersebut tentunya akan memilih wakil untuk Rano Karno yang berpeluang menang di Pilkada Provinsi Banten.

“Yang lebih menguntungkan bagi partai (menang-red), itu yang akan direkomendasikan oleh PDIP,” ujar Malik, seraya menambahkan, sosok Rano Karno lebih dikenal oleh masyarakat sebagai artis, bukan sebagai birokrat atau politisi. [Ahi/02]

Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Dekan FISIP Unsera Sarankan Rano Karno Tidak Berpasangan Dengan Politisi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top