Sabtu, 08 Agustus 2020 |
News Room

Datangi Wali Kota Serang, PMI Minta Gedung Unit Transfusi Darah

Rabu, 22 Jan 2020 | 15:23 WIB Dibaca: 387 Pengunjung

Foto bersama Walikota Serang Syafrudin bersama Palang Merang Indoeia (PMI).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan audiensi dengan Wali Kota Serang, Syafrudin di Kantor Wali Kota Serang, Rabu (22/1/2020).

Ketua PMI Kota Serang, Adde Rosi Khairunnisa mengatakan, kedatangannya tersebut untuk membahas rencana pembangunan gedung unit transfusi darah (UTD) milik PMI Kota Serang.

"Audiensi terkait urgensi pembentukan gedung UTD yang insyallah akan dilaksanakan 2021, ini hal yang sudah urgent bagi Kota Serang dan Alhamdulillah Wali Kota Serang men-support dengan positif dan midah-midahan pembangunan UTD di tahun 2021 bisa berjalan dengan baik, karena perencanaan ini sudah dari 2017 kami sudah menginginkan hal ini tapi alhamdulillah baru hari ini terlaksana," kata Adde Rosi kepada awak media.

Ia menjelaskan, dalam peraturan WHO,  rasio kebutuhan darah setiap daerah adalah dua persen dari penduduk di wilayah yang bersangkutan dan di Kota Serang ada sekitar 600 ribu penduduk, dengan demikian, untuk setahun Kota Serang membutuhkan sekitar 13 ribu darah.

"Hal ini yang belum terpenuhi, karena selama ini PMI Kota Serang mendonorkan dan dikelola oleh UTD Kabupaten Serang, maka untuk memenuhi stok darah yang dua persen itu kami menginginkan gedung ini," jelasnya.

Di tahap pertama, lanjut Adde Rosi, pihaknya akan membangun UTD dengan kelas pratama, dengan harapan setiap tahun ada peningkatan.

"Ada kelas pratama, madya dan utama, kita akan mulai dari yang pratama dulu, yang paling dasar tapi perencanaan kami bisa naik stiap tahun, bertahap," terangnya.

Sementara Wali Kota Serang, Syafrudin menyambut baik rencana tersebut, sebab menurutnya kabupaten/ kota di Banten yang belum memiliki gedung UTD hanya Kota Serang.

"Karena salah satu kabupaten/ kota di Banten yang ga punya gedung UTD hanya Kota Serang dan selama ini masyarakat Kota Serang transfusi darah ke Kabupaten Serang dan ketika masyarakat butuh darah, malah kita beli," kata Syafrudin.

Ia menegaskan, ada empat titik yang rencananya akan dibangun gedung tersebut, namun titik yang paling strategis berada di Kalodran, Kecamatan Walantaka.

"Lahannya ada 4 titik, nnti kita lihat dulu, kayanya di Kalodran lebih presentatif, luas lahan sesuai kebutuhan aja, tahun ini belum dianggarkan, InsyaAllah tahun 2021," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Datangi Wali Kota Serang, PMI Minta Gedung Unit Transfusi Darah

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top