Minggu, 20 Oktober 2019 |
News Room

Darurat Karhutla, Aceh Mulai Diselimuti Kabut Asap

Senin, 23 Sept 2019 | 17:12 WIB Dibaca: 207 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sebagian besar wilayah Provinsi Aceh diselimuti kabut asap kiriman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa wilayah di Sumatera. Dari laporan BMKG Aceh asap mulai menyelimuti wilayah Aceh sejak Minggu (23/9/2019).

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Aceh Besar, Zakaria, mengatakan sesuai dengan peta sebaran asap, terlihat beberapa wilayah yang parah dikepung kabut asap di Aceh adalah; Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Langsa, dan Aceh Timur.

"Beberapa hari yang lalu kabut asap membungkus Aceh hanya beberapa kabupaten/kota saja. Namun pagi ini kabut yang kita perkirakan merupakan kabut asap telah menyelimuti seluruh Provinsi Aceh, termasuk Banda Aceh dan Aceh Besar," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria Ahmad kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Kabut asap paling pekat menyelimuti wilayah Aceh Tamiang, Langsa, dan Aceh Timur dengan jarak pandang (horizontal) berkisar 3 kilometer.

Sementara itu wilayah ibu kota Serambie Mekah, Banda Aceh mulai dimasuki kabut asap tipis. “Angin saat ini mengarah ke Aceh, namun titik api di Aceh tidak ada, namun disejumlah wilayah diluar Aceh itu masih terjadi kebakaran hingga hari ini,” tambah Zakaria. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Darurat Karhutla, Aceh Mulai Diselimuti Kabut Asap
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top