Kamis, 19 September 2019 |
News Room

Dapat Remisi Kemerdekaan, 194 Napi di Lapas dan Rutan di Banten Langsung Bebas

Sabtu, 17 Agt 2019 | 17:41 WIB Dibaca: 252 Pengunjung

Sekda Banten Al Muktabar memberikan remisi di Lapas Kelas IIA Serang, Sabtu (17/8/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak 194 warga binaan pemasyarakatan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Wilayah Banten langsung bebas setelah mendapat remisi kemerdekaan.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Wilayah Banten, Imam Suyudi mengatakan, Remisi Umum I (RU I) diberikan kepada narapidana yang telah mendapatkan remisi masih menjalani sisa pidana dan Remisi Umum II (RU II) diberikan kepada narapidana langsung bebas usai pemberian remisi.

"Di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Jumlah narapidana dan tahanan sampai 16 Agustus 2019 sebanyak 11.321 orang, dan narapidana yang mendapatkan remisi sebanyak 5.669 orang dengan rincian sebanyak 5.475 orang WBP mendapatkan Remisi Umum I dan 194 orang mendapatkan Remisi Umum II (bebas-red)" kata Imam di Lapas Kelas IIA Serang, Sabtu (17/8/2019).

Ia menuturkan, pemberian remisi tersebut diharapkan mampu menyadarkan para WBP bahwa WBP juga bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki kewajiban untuk berkontribusi positif terhadap kemerdekaan Indonesia.

"Tentunya saya berharap, setelah mereka mendapatkan semua itu bisa hidup bersama masyarakat secara produktif," jelasnya.

Sementara itu Sekda Banten, Al Muktabar mengungkapkan, pihaknya memberikan sedikit akomodasi kepada para WBP yang langsung bebas tersebut untuk langsung pulang.

"Itu bagian hak dari mereka dan pemerintah memfasilitasi dan memberikan hak itu, kita berharap bagi yang selesai, mereka akan menjadi warga kembali di masyarakat lebih baik dan provinsi memberikan bantuan walaupun sekdarnya untuk transportasi pulang sebesar  Rp200.000," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Dapat Remisi Kemerdekaan, 194 Napi di Lapas dan Rutan di Banten Langsung Bebas
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top