Rabu, 28 Oktober 2020 |
Pariwisata

Danau Dendam Tak Sudah, Tempat Wisata Unik Ini Sita Perhatian

Selasa, 13 Des 2016 | 17:20 WIB Dibaca: 1093 Pengunjung

Danau Dendam Tak Sudah, Bengkulu.*

BENGKULU, [NEWSmedia] - Anda punya permusuhan abadi dengan seseorang dan sulit menyelesaikannya? Sebaiknya rehatkan diri sejenak ke alam, seperti mengunjungi Danau Dendam Tak Sudah, di Bengkulu.

Memiliki nama yang tidak biasa, danau ini adalah salah satu destinasi terkenal di Bengkulu. Danau ini bisa Anda datangi di desa Dusun Besar, Singaran Pati, Bengkulu.

Namanya yang agak menyeramkan, diperkirakan diambil dari dua versi cerita. Pertama adalah legenda pasangan muda yang cintanya tidak diberkati oleh kedua orangtua mereka.

Pasangan kekasih itu kemudian menyerah dan menyudahi hidup bersama dengan terjun ke danau. Arwah mereka dari alam baka diceritakan muncul menghantui untuk membalas dendam.

Versi kedua diyakini terjadi selama periode Kolonial Belanda. Dikatakan bahwa sewaktu pemerintah Kolonial Belanda memutuskan untuk membangun bendungan di danau dan jalan di sekitarnya, entah bagaimana proyek itu tidak pernah selesai.
Karenanya daerah tersebut dikenal sebagai "Unfinished Dam" atau "Dam Tak Sudah" dalam bahasa setempat. Namun, entah mengapa dari waktu ke waktu nama tersebut berkembang menjadi "Dendam Tak Sudah".

Danau dengan luas 557 dan 67 hektar tersebut diperkirakan terbentuk dari aktivitas gunung berapi di daerah tersebut. Untuk kepentingan strategis, luas 11,5 hektar dari danau ditetapkan sebagai cagar alam oleh pemerintah Belanda pada 1936. Dan pada 1999, diperluas lagi menjadi 577 hektar.

Seperti dilansir dari Indonesia-tourism, di pagi hari para pengunjung dapat menikmati matahari terbit dan pemandangan indah dari permukaan danau. Memancing dan keliling danau dengan rakit atau perahu juga bisa dicoba.

Akses ke danau, yang berjarak sekitar 6 km dari pusat Kota Bengkulu, tidak sulit. Untuk sampai ke Danau Dendam Tak Sudah, Anda dapat mengambil minibus umum atau bus dengan rute Bengkulu-Danau Dendam Tak Sudah selama sekira 30 menit. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Danau Dendam Tak Sudah, Tempat Wisata Unik Ini Sita Perhatian
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top