Rabu, 19 Desember 2018 |
News Gallery - Tekno

Dampak Negatif Mencuci Motor Saat Mesin Panas

Sabtu, 27 Jan 2018 | 13:05 WIB Dibaca: 399 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Salah satu kebiasaan pemilik motor yang berbahaya adalah mencuci tanpa melihat kondisi. Tanpa menunggu mesin dingin, proses pencucian dilakukan dengan alasan mempersingkat waktu.

Padahal tanpa disadari membawa efek yang kurang baik. Bisa-bisa timbul kerusakan fatal pada komponen sepeda motor.

Seperti dilansir situs resmi Honda, bagian logam pada komponen motor dan air dingin saat akan mencuci merupakan dua hal yang bertentangan. Ketika besi panas langsung terkena air dingin terjadi perubahan suhu yang drastis, hal ini memberikan dampak yang sangat buruk.

Beberapa kasus yang terjadi, blok mesin jadi retak ketika tiba-tiba diguyur dengan air ketika kondisi masih sangat panas. Hukum fisika pun menyebut, saat terjadi perubahan suhu yang secara mendadak bisa membuat terjadinya perubahan, dalam kasus ini besi atau logam yang rusak.

Dampaknya memang tidak langsung, tapi ketika hal ini dilakukan berulang-ulang. Paling mudah melihat komponen di motor yang lebih cepat rusak akibat mencuci saat kondisi masih panas adalah bagian pipa knalpot. Selain besi yang bisa menguning, untuk model krome juga bisa membuatnya terkelupas.

Dampak buruk lain yang bisa ditimbulkan adalah timbul bercak yang menjadi noda di sekitar mesin. Hal ini terjadi karena kandungan detergen pada sabun mengering saat melekat ke bidang yang panas. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dampak Negatif Mencuci Motor Saat Mesin Panas

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top