Minggu, 24 Juni 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Cuti Bersama Lebaran Tetap 7 Hari, Ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi

Senin, 14 Mei 2018 | 17:01 WIB Dibaca: 156 Pengunjung

Kawah Ijen di Banyuwangi, Jatim.*

[NEWSmedia] - Lebaran tak hanya menjadi momen untuk bertemu keluarga, tetapi juga menjadi ajang berlibur bersama keluarga. Tahun ini, cuti bersama untuk Idul Fitri 1439 H ditetapkan oleh pemerintah selama tujuh hari yakni pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018. Hal ini ditetapkan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani tiga menteri pada 18 April 2018 lalu. Tak perlu bingung dengan panjangnya hari libur saat Lebaran, berikut rekomenasi destinasi saat cuti Lebaran.

1. Bali 
Usai lebaran Anda masih memiliki beberapa hari libur, atau bisa pula menambah waktu cuti untuk libur. Salah satu destinasi yang masih menjadi pilihan adalah Bali. Bicara bali tak melulu soal Kuta dan pantai. Bali memiliki banyak destinasi wisata. 

Bila Anda ingin tempat yang lebih sepi lengkap dengan panorama sawah, bisa berkunjung ke Ubud dan Kintamani. Selain Ubud dan Kintamani, Anda juga bisa berkunjung ke wilayah Karangasem. Di sana Anda bisa berkunjung ke Virgin Beach, Pura Lempuyang Luhur, Tirta Gangga, Bukit Putung, hingga ke Desa Adat Tenganan. 

2. Banyuwangi 
Nah, untuk Anda yang mudik ke Wilayah Jawa Timur seperti Malang dan Surabaya, mungkin bisa menuju ke Banyuwangi. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti melihat blue fire di Kawah Ijen. Kemudian kegiatan safari di Taman Nasional Baluran untuk melihat beragam satwa yang ada di sana. 

Selain itu Anda bisa berkunjung ke Pantai Bansring untuk snorkeling. Bila ingin menghirup udara segara dengan suasana yang lebih teduh, bisa datang ke obyek wisata hutan De Djawatan. 

3. Yogyakarta 
Bila kampung halaman Anda berada di sekitar Yogyakarta atau bahkan memang di Yogyakarta, jangan khawatir karena Anda bisa memilih lokasi wisata mana yang akan dikunjungi. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Yogya. Anda bisa berkunjung ke Gua Pindul dan Goa Jomblang. Atau bisa pula mengikuti Merapi Tour sambil menaiki mobil Jeep. Bisa pula ke Kalibiru untuk sekedar menikmati panorama alam dan berfoto. Di tengah kota, tentu Anda bisa mengunjungi Malioboro, Alun-alun kidul, berbelanja di Pasar Beringharjo, hingga berwisata kuliner di Yogyakarta.

4. Bandung 
Hingga saat ini Bandung masih menjadi destinasi favorit para wisatawan yang berasal dari Jakarta. Tidak saja karena lokasinya mudah dijangkau, di Bandung banyak pula obyek wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari kawah hingga lokasi kekinian untuk berfoto pun ada di sana. Di bandung Anda bisa berfoto-foto di The Lodge Maribaya Bandung. 

Bila ingin bersantai bisa mampir ke Situ Cisanti. Anda bisa menghirup udara segar dan mandi di lokasi mata air. Tak ketinggalan bila ingin berbelanja dan kulineran, maka bisa memilih berada di pusat Kota Bandung.

5. Makassar 
Satu lagi yang bisa menjadi pilihan liburan saat Lebaran adalah Makassar. Wisata kuliner sangat diunggulkan di sini. Banyak makanan khas Sulawesi yang bisa Anda nikmati. Mulai dari coto, palubasa, sop konro, hingga sop saudara. Bila Anda ingin menikmati pemandangan karst, bisa berkunjung ke Rammang-rammang. Panorama alam di sana sangat indah. Bila Anda ingin bertolak ke luar Makassar, bisa sempatkan untuk mampir ke Toraja. Dari Makassar ke Toraja, Anda bisa menggunakan bus dengan keberangkatan malam hari. Waktu tempuhnya sekitar delapan jam. [kpc]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Cuti Bersama Lebaran Tetap 7 Hari, Ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top