Senin, 19 November 2018 |
News Room - Ekonomi

Cuaca Panas Buat Harga Sayuran di Pasar Naik

Sabtu, 11 Agt 2018 | 07:02 WIB Dibaca: 690 Pengunjung

Pedangan Sayuran di Pasar Tradisional.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Harga beberapa komoditas sayuran di pasar tradisional terpantau naik. Penjual mengeluh, kondisi cuaca yang panas dan kering membuat pasokan pangan dari distributor terhambat.

Seperti harga buncis dan kacang panjang yang dijual Mama Tole (50), pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama. Harga kedua komoditas ini melonjak hingga Rp 24 ribu per kg.

"Yang mahal itu sayur, buncis, kacang (panjang). Buncis lagi Rp 24 ribu per kg, biasanya Rp 16 ribu (per kg). Kacang (panjang) juga Rp 24 ribu, biasanya Rp 16 ribu," ujar dia saat berbincang di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

"Itu naik soalnya panasnya lagi gede, kemarau," Mama Tole menambahkan.

Berbeda dengan buncis dan kacang panjang, harga produk sayuran lain seperti bawang di pasar yang sama cenderung variatif.

Uus (50), salah seorang pedagang menyampaikan, produk bawang yang ia jual relatif stabil, bahkan terpangkas.

"Bawang putih bulat Rp 25 ribu per kg, kalau yang cutting-nya Rp 30 ribu per kg. Bawang merah justru turun, lagi banjir (pasokan), Rp 25 ribu per kg," ungkap dia.

Uus menyatakan, harga bawang merah telah merosot sejak sekitar 3 hari lalu. Sebelumnya, bawang merah dijual pada kisaran Rp 30 ribu per kg.

Stabilitas harga bawang pun diakui Mama Tole, namun dengan harga jual yang berbeda. Dia menawarkan bawang merah Rp 30 ribu per kg, bawang putih bulat Rp 30 ribu per kg, dan bawang putih cutting Rp 35 ribu per kg.

Untuk komoditas cabai, Uus dan Mama Tole sepakat, harganya masih terus normal sampai hari ini. Keduanya masih menjual cabai rawit merah pada kisaran Rp 40 ribu per kg.

Sementara cabai rawit hijau dipatok pada angka Rp 30 ribu per kg, dan cabai merah keriting Rp 30 ribu per kg. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Cuaca Panas Buat Harga Sayuran di Pasar Naik

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top