Kamis, 21 Juni 2018 |
News Room - Ekonomi

Cek Harga Bahan Pangan Jelang Akhir Pekan

Sabtu, 26 Mei 2018 | 07:05 WIB Dibaca: 150 Pengunjung

Pedagang ayam potong di pasar.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Memasuki hari ke-9 bulan Ramadan, harga kebutuhan pokok di pasar tradisional terpantau naik. Meskipun begitu, harga komoditas sayuran dan telur ayam turun.

Berdasarkan pantauan, kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, yaitu harga daging ayam, bawang merah, dan beras di Pasar Tradisional Pondok Gede, Kota Bekasi.

Pedagang ayam Warni (50) menuturkan, harga daging ayam per kilogram (kg) kini sudah menembus Rp 50 ribu. Daging ayam mengalami kenaikan Rp 10 ribu per kg.

"Sekarang sudah tinggi, naik Rp 10 ribu jadi Rp 50 ribu per kg. Ceker saja naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp 25 ribu per kg," tuturnya di Pasar Pondok Gede, Jumat (25/5/2018).

Warni menjelaskan harga ati dan ampela cenderung stabil, yaitu Rp 2 ribu per satuannya. Dia mengungkapkan, pada saat puasa kali ini sepi pembeli.

"Sekarang lagi sepi, ya mungkin Lebaran ya baru pada naik lagi. Sekarang sepi, pada ngurusin anak sekolah lagi kan, mau ganti tahun," ujarnya.

Tak hanya daging ayam, harga bawang merah juga terpantau melonjak. Harga bawang merah kini mencapai Rp 40 ribu per kg.

"Sekarang bawang yang naik. Cabai malah stabil. Bawang merah Rp 40 ribu per kg, naik Rp 5 ribu ini," ungkap pedagang lain, Wahyu (50).

"Kalau bawang putih sekarang Rp 35 ribu per kg, kemarin ini sudah Rp 37 ribu, turun kalau bawang putih," dia menambahkan.

Untuk komoditas cabai, Wahyu membanderol harga cabai merah keriting dan cabai rawit merah dengan harga Rp 30 ribu per kg, masih stabil.

Untuk komoditas telur kini mengalami penurunan. Telur biasa dijual Rp 25 ribu per kg dari awalnya Rp 27 ribu. Telur kampung turun dari Rp 2 ribu per satuan menjadi Rp 1.700 hari ini.

"Telur biasa dan telur kampung pada turun. Cuma telur bebek dan puyuh saja yang naik. Telur bebek Rp 2.700 per satuan dari Rp 2.500 dan telur puyuh Rp 32 ribu per kg dari Rp 30 ribu per kg," pungkas Agen telur di Pasar Pondok Gede Nanda (25).

Untuk informasi saja, harga sayuran kini stabil bahkan terbilang turun. Harga daging sapi juga terpantau stabil.

Wortel kini dijual Rp 5 ribu per kg, turun dari sebelumnya Rp 8 ribu per kg. Sawi dan timun stabil Rp 8 ribu per kg. Tomat stabil dengan harga Rp 10 ribu per kg.

Harga daging sapi serta ati juga stabil. Harga daging sapi dibanderol Rp 110 ribu per kg. Ati dijual Rp 60 ribu per kg.

Adapun beras alami kenaikan pada jenis beras pera dari Rp 11 ribu per liter menjadi Rp 12.500 per liter. Beras pulen mengikuti harga eceran dengan kisaran Rp 9 ribu hingga Rp 11 ribu per liter. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Cek Harga Bahan Pangan Jelang Akhir Pekan
paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top