Minggu, 05 Juli 2020 |
News Room

Cek Fakta! Video Pasien dan Tim Medis Virus Corona Keluar dari RSDP Serang

Selasa, 03 Mar 2020 | 18:14 WIB Dibaca: 411 Pengunjung

Screenshot video di depan Ruang IGD RSDP Serang, Selasa (3/3/2020).*

SERANG, [NEWSmedia] - Media sosial (medsos) dan pesan WhatsApp diramaikan dengan beredarnya sebuah video di depan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit dr Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang.

Video itu menunjukkan ada seorang pasien yang keluar dari ruangan IGD, kemudian masuk ke dalam mobil ambulance. Petugas medis yang menangani memakai masker dan pakaian layaknya penanganan virus corona.

Dalam video itu, terdengar suara orang berbicara, yang diduga sang pengambil video, mengatakan kalau pasien yang dibawa keluar ruang IGD dan masuk ke mobil ambulance, merupakan pasien terduga virus Corona.

Berdasarkan informasi dari Humas RSUD Drajat Prawiranegara, Khoirul Anam, pasien yang keluar dari ruang IGD dan masuk ke dalam mobil ambulans adalah Maimunah warga Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang yang menderita penyakit paru-paru.

Maimunah merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Sulianti Saroso Jakarta Utara yang merupakan Rumah Sakit tempat dia warga Depok yang terinfeksi virus Corona dirawat.

Namun berdasarkan dari pemeriksanaan, sambungnya, pasien atas nama Maimunah negatif dari virus Vovid-19 atau tidak terjangkit penyakit Virus Corona, melainkan penyakit paru-paru.

"Memang sudah dari RS Sulianti Saroso, di rujuk ke RSUD Drajat Prawiranegara telah memakai masker. Dirumahnya pun sering memakai masker, dan terkena penyakit paru-paru sudah lama. Inpeksi yang dideritanya adalah flu," kata Khoirul Anam, saat Konfrensi Pers, di RSUD Drajat Prawiranegara, Jalan Raya Alun-alun Kota Serang, Selasa(3/3/2020).

Tak sampai disitu, Khoirul Anam juga mengakui, saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan RS Sulianti Saroso, untuk memastikan pasien-pasien yang dirujuk.

"Kita masih melakukan komunikasi dengan pihak RS Sulianti Saroso. Agar mengetahui, pasien-pasien yang di rujuk ke kami (RSUD Drajat Prawiranegara)," jelas Anam.

Sementara itu, Direktur RSUD Drajat Prawiranegara, Rahmat Setiadi menambahkan, kesiapan RSUD untuk menangani pasien Virus Corona COVID-19, telah 100 persen.

"Kita sudah siap sepenuhnya, dan rumah sakit menyanggupi untuk menangani kasus-kasus Virus Corona COVID-19. Bahkan team, ruang isolasi, IGD dan 16 Dokter telah disiapkan," tutup Rahmat Setiadi, seraya mengakhiri konpresi pers.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi dari RSUD Drajat Prawiranegara, pasien bernama Maimunah merupakan warga Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang yang menderita penyakit paru-paru.

Ia terkena penyakit paru-paru, semenjak hendak berangkat Umroh Arab Saudi, pada 19 Febuari 2020 dan pulang ke Indonesia pada 29 Febuari 2020 masih mengalami sakit paru-paru dan dirawat di RS Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Kemudian, Maimunah dirujuk ke RSUD Drajat Prawiranegara, berdasarkan permintaan RS Sulianti Saroso pada hari ini Selasa 3 Maret 2020. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Cek Fakta! Video Pasien dan Tim Medis Virus Corona Keluar dari RSDP Serang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top