Kamis, 25 April 2019 |
Pariwisata - News Gallery

Cek Dulu, Jangan Sampai 7 Barang Ini Disita Saat Kamu Masuk Pesawat!

Rabu, 23 Jan 2019 | 17:01 WIB Dibaca: 1385 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Karena sekarang meletakkan barang dalam bagasi pesawat dikenakan tarif, kita harus berusaha ekstra membawa barang seefisien mungkin supaya bisa masuk dalam kabin. Namun, ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa ke kabin. Daripada salah bawa dan ujung-ujungnya diminta masuk bagasi, mending cek dulu daftarnya di bawah ini!

1. Cairan lebih dari 100 ml
Batas maksimal cairan yang diperbolehkan masuk dalam kabin pesawat adalah 100 ml per botol atau per kemasan. Kalau kamu membawa beberapa botol sekaligus, jumlah total cairan gak boleh lebih dari satu liter.

Bentuknya bisa apapun, mulai dari air, parfum, sabun, sampo, sampai lotion dan gel. Jadi lebih baik kamu membawa kebutuhan pribadi dalam kemasan kecil khusus traveling ya, biar gak kena sita.

2. Senjata tajam
Segala bentuk senjata tajam sudah pasti tidak lolos pemeriksaan meskipun barang tersebut nampak tak berbahaya. Sebut saja gunting, baik berukuran besar atau kecil, pinset alis, pisau cukur, pisau lipat atau pisau Sinclair yang biasa dibawa untuk kegiatan outdoor. Beberapa tempat bahkan mengategorikan gunting kuku sebagai benda tajam. 

3. Makanan berbau tajam
Benda berbau tajam seperti durian atau sumber hewani segar seperti ikan dan daging tentu saja tidak diizinkan. Alasan pertama karena baunya yang tajam bisa mengganggu kenyamanan penumpang selama penerbangan. Kedua, adanya potensi kontaminasi yang bisa terjadi dari bahan-bahan mentah, seperti daging dan ikan.

4. Powerbank
Powerbank maupun baterai lithium bisa membangkitkan panas dalam jumlah besar dan ada kemungkinan korsleting atau terbakar. Tentu saja keadaan tersebut dapat membahayakan keamanan penerbangan.

Powerbank maupun baterai lithium bisa membangkitkan panas dalam jumlah besar dan ada kemungkinan korsleting atau terbakar. Tentu saja keadaan tersebut dapat membahayakan keamanan penerbangan.

5. Barang mudah terbakar
Benda yang mengandung gas dan aerosol biasanya mudah terbakar. Misalnya seperti parfum spray, hairspray, cat semprot, dan sebagainya.

Alasannya, benda-benda dengan kandungan gas ini bisa memicu ledakan jika terkena guncangan atau berada dalam ketinggian tertentu. Selain itu, membawa korek api juga tidak diperbolehkan dalam kabin pesawat.

6. Alat tumpul yang berpotensi menyebabkan cedera
Peralatan olahraga pribadi seperti tongkat baseball, kail pancing, tongkat golf, skateboard, dan sebagainya masuk dalam kategori benda tumpul yang bisa menimbulkan cedera. Meski bukan termasuk benda berbahaya, tapi keberadaannya dalam kabin pesawat tetap dilarang.

7. Alat gerak pribadi
Perangkat gerak pribadi yang menggunakan baterai litium, seperti e-skate, u-runner, hoverboard, waveboard, atau oxboard, dilarang masuk kabin. Sebenarnya ada pengecualian bagi yang punya keterbatasan fisik dan harus menggunakan perangkat keseimbangan atau alat bantu berdaya baterai litium. Namun, kamu perlu mengurus izin lebih dahulu ke pihak bandara.

Itulah tujuh benda yang dilarang masuk ke dalam kabin. Selain benda di atas yang sudah disebutkan, apa benda yang kamu bawa pernah disita di bandara domestik atau internasional? Tulis pengalamanmu di kolom komentar, ya! [idn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Cek Dulu, Jangan Sampai 7 Barang Ini Disita Saat Kamu Masuk Pesawat!
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top