Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Cegah Penyakit Infeksi Pernapasan, Perhatikan Cara Bersin

Sabtu, 17 Mar 2018 | 00:02 WIB Dibaca: 190 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) merupakan salah satu penyebab paling umum saat kunjungan ke dokter. Penyakit yang disebabkan virus dan bakteri itu bisa berlangsung selama 14 hari.

ISPA banyak ditularkan melalui udara ketika batuk dan bersin. Gejalanya berupa rasa nyeri pada hidung dan paru-paru, dan sering disertai dengan kesulitan bernapas. Di Indonesia, penyakit ini banyak diderita anak-anak. Rata-rata anak Indonesia mengalami batuk dan pilek 5 hingga 6 kali dalam setahun.

Dalam acara Ayo Hidup Sehat, spesialis paru dan pernapasan dr. Dewi Puspitorini, Sp.P, MARS., mengupas persoalan ISPA yang banyak menyerang masyarakat Indonesia. Di antaranya berikut ini.

1. Ispa lebih sering menyerang anak-anak

Karena daya tahan tubuh anak belum berkembang sempurna, sehingga lebih rentan terjangkit virus dan bakteri penyebab ISPA.

2. Gejala ISPA selalu identik dengan sesak napas

Sebenarnya ada dua gejala ISPA, yaitu ringan dan berat. Gejala ringan jika hanya merasa pilek dan sakit tenggorokan. Sedangkan gejala yang berat, bisa sampai harus dirawat di ICU.

3. Perokok sangat berisiko terkena ISPA

Ini jelas, karena rokok melemahkan pertahanan tubuh dan merusak bulu-bulu saluran napas.

4. ISPA yang tak ditangani menyebabkan kematian

Jika kuman ISPA yang masuk ke dalam tubuh bersifat ganas atau resisten, bisa menyebabkan kematian.

5. ISPA lebih sering menyebar pada musim pancaroba

Ini fakta. Perubahan pancaroba memang lebih cepat menyebarkan ISPA.

Karena ISPA mudah ditularkan melalui udara, penderita ISPA harus memerhatikan etika saat batuk dan bersin, yaitu mulut harus ditutup dengan tangan atau menggunakan masker. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran virus ke udara, dan menempel di benda-benda sekitar.

Mencuci tangan setiap selesai beraktivitas, serta menghindari kontak fisik juga sangat disarankan selama mengalami gangguan ISPA. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Cegah Penyakit Infeksi Pernapasan, Perhatikan Cara Bersin
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top