Jumat, 17 Agustus 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Cegah Diabetes dan Kanker Dengan Rutin Konsumsi Markisa

Sabtu, 11 Agt 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 219 Pengunjung

Buah Markisa.*

[NEWSmedia] - Sampai saat ini, Anda masih terus diminta untuk rutin konsumsi sayur, buah, dan makanan sehat lainnya. Hal ini berkaitan langsung dengan kesehatan tubuh.

Sebut saja buah-buahan. Kandungan vitamin dan mineral baik di dalamnya dipercaya baik untuk menjaga keseimbangan tubuh. Bahkan, pada beberapa buah dipercaya bisa menyembuhkan atau setidaknya menjauhkan Anda dari masalah kesehatan yang sangat parah.

Salah satunya adalah markisa. Buah dengan biji banyak ini ternyata punya manfaat baik untuk menjauhkan Anda dari terbentuknya sel kanker dan juga bisa mengendalikan tekanan gula darah tubuh Anda.

Markisa ini sendiri ternyata punya dua jenis; Passiflora Edulis dan Passiflora Flavicarpa. Untuk jenis Passiflora Edulis, buahnya berbentuk bulat atau oval kecil dengan kulit ungu, lalu untuk Passiflora Flavicarpa buahnya lebih besar dari varietas ungu markisa, berbentuk oval, dan berwarna kuning. Kendati ada dua jenis, buah markisa tersebut memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh!

Manfaat markisa dilihat dari kandungan gizinya, ternyata berfungsi sebagai sumber serat makanan. Dalam, satu porsi 18 gram buah markisa, mengandung sekitar 2 gram serat, yang mana sebagian besar merupakan serat larut. Serat diketahui baik untuk menjaga usus tetap sehat. Tidak hanya itu, markisa kaya akan sumber vitamin A dan C. Hal yang mesti Anda ketahui juga, buah ini hanya mengandung 17 kalori.

Buah markisa juga kaya polifenol dan lebih tinggi kadarnya dari buah-buahan tropis lainnya seperti mangga atau pisang. Buah yang rasanya manis ini juga mengandung sejumlah kecil zat besi dan potasium.

Memiliki kandungan gizi yang banyak membuat markisa dapat membantu Anda dalam perawatan diabetes. Ini karena kandungan seratnya yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah.

Lalu, buah ini juga membantu Anda mencegah kanker. Sebab, markisa memiliki antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker. Kehadiran vitamin C, karoten, dan cryptoxanthin membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, jika Anda mulai merasa kurang fit, markisa juga bisa jadi obat alternatifnya.

Kandungan mineral yang terdapat di dalam buah markisa seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium adalah sesuatu yang baik untuk mempertahankan kepadatan tulang. Buah markisa juga memiliki campuran bioflavonoid yang menunjukkan efek positif pada sistem pernapasan. Menjadi sumber yang kaya vitamin A, buah markisa pun membantu dalam meningkatkan kelembapan kulit. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Cegah Diabetes dan Kanker Dengan Rutin Konsumsi Markisa

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top