Rabu, 14 November 2018 |
News Gallery - Lifestyle

Cegah Anak Rewel Selama Terbang Mudik, Ini 7 Tipsnya

Selasa, 12 Jun 2018 | 12:00 WIB Dibaca: 205 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Momen pulang kampung alias mudik memang menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat pun ramai-ramai mudik dengan berbagai moda transportasi baik darat, laut maupun udara.

Bagi mereka yang ingin mudik dengan cepat dan praktis, moda transportasi pesawat pun menjadi salah satu pilihan bagi pemudik ke kota tujuan masing-masing.

Sayangnya, ketika mengajak buah hati, terutama usia bayi dan balita naik pesawat kendalanya adalah mereka rewel. Tentu dampaknya bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain di dalam kabin.

Anak rewel sebenarnya bukan tanpa maksud. Mereka sangat tidak nyaman berada di ruang yang sempit dan sesak orang-orang. Karena itu, orangtua harus mengantisipasinya. Lantas, bagaimana caranya supaya si kecil nyaman naik pesawat saat mudik Lebaran? Simak ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Periksa kondisi si kecil

Jika si kecil tidak mengalami kelainan atau sakit saat bepergian sah-sah saja naik pesawat. Tapi supaya lebih aman, pastikan cek ke dokter dahulu. Kalau perlu minta surat dokter, apalagi untuk bayi berusia di bawah 2 bulan.


2. Siapkan perlengkapan untuk dibawa ke kabin

Jangan simpan semua barang si kecil di bagasi, sisakan sedikit untuk dibawa di atas kabin. Bawalah benda-benda favorit yang bikin dia nyaman, misalnya boneka, mainan, makanan, pakaian ganti hingga diapersnya. Siapkan pula minyak telon di dalam tas tenteng Anda. Pastikan si kecil tidak kedinginan berada di ruang kabin pesawat dalam waktu beberapa jam.


3. Beri camilan favorit

Supaya anak tidak rewel berikan camilan favoritnya seperti kerupuk beras, puff, biskuit, wafer atau minum susu UHT kemasan kecil. Pastikan camilan yang dibawa cukup untuk menemani perjalanan si kecil sampai di tempat tujuan.

4. Beri ASI saat take off dan landing

Kalau anak Anda masih minum ASI, berikan ASI saat hendak terbang dan mendarat. Cara ini mengurangi tekanan di telinga yang sangat sakit. Pastikan si kecil tidak menangis dan jangan telat berikan ASI di dua momen tersebut.

5. Tutup telinganya dengan benda aman

Selama berada di pesawat, tekanan akan berubah otomatis. Telinganya pun akan menjadi sakit dan Anda harus melindungi. Jangan bikin dia rewel karena harus menahan sakit itu tanpa dia bisa mengeluh. Pakaikan headphone khusus bayi yang nyaman dan bisa dicari di toko bayi.

6. Ajak dia menonton film favorit

Pastikan di dalam pesawat menuruti semua permintaan si kecil, termasuk ajak dia menonton film favorit. Pastikan dia lupa kalau sedang melakukan penerbangan. Siapkan film-film atau video nyanyian yang membuat mereka senang dan tidak rewel dalam pesawat.

7. Jangan terburu-buru naik dan turun pesawat

Orangtua yang membawa anak biasanya diberikan prioritas untuk naik dan turun pesawat. Jangan tergesa-gesa, biarkan orang lain dulu yang masuk atau keluar dari pesawat. Pastikan si kecil aman di gendongan Anda. Jangan sampai dia menangis saat masuk ke dalam kabin karena pengap dan melihat banyak orang. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Cegah Anak Rewel Selama Terbang Mudik, Ini 7 Tipsnya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top