Rabu, 05 Agustus 2020 |
Tekno

Cara Usir Embun di Helm Full Face, Gak Pake Ribet

Kamis, 02 Jan 2020 | 17:28 WIB Dibaca: 640 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Ada dua jenis helm yang saat ini banyak tersedia di toko perlengkapan sepeda motor, yakni half face dan full face. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan.

Jika bicara soal kenyamanan, maka helm half face jadi pemenangnya. Selain lebih ringan, pengguna juga bisa bernapas lebih lega, karena bagian bawahnya terbuka.

Namun, hal itu justru membuat helm half face menjadi kurang aman. Saat terjadi kecelakaan, ada kemungkinan dagu pengendara terbentur ke aspal. Alhasil, bisa menimbulkan luka yang cukup serius.

Berbeda dengan helm full face, yang bisa melindungi bagian rahang pengendara sepeda motor. Helm ini juga lebih kedap suara, sehingga pengguna bisa berkonsentrasi lebih baik.

Kelemahannya, kaca helm full face berpotensi mengembun ketika sedang berkendara di cuaca hujan. Hangatnya napas pengendara, membuat embun terbentuk di kaca.

Solusi yang banyak ditawarkan, adalah dengan memasang pinlock. Fitur ini memungkinkan pemilik helm untuk memasang lapisan khusus antiembun.

Sayangnya, tidak semua helm mendukung pemasangan fitur tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan.

“Biasanya, ada beberapa helm full face yang kacanya tidak dapat dipasang antifog, karna tidak flat visor,” ujarnya.

Sebagai alternatifnya, kata Ryan, pengguna helm full face bisa menghilangkan embun dengan mudah, menggunakan fasilitas yang sudah disediakan pabrikan helm.

“Cari helm full face yang baik ventilasi udara bagian depannya. Akan terjadi sirkulasi udara dari luar masuk ke dalam. sehingga embun akan hilang,” tuturnya.

“Apabila ventilasi udara di bagian mulutnya baik. embun akan hilang, tapi akan muncul lagi saat kendaraan berhenti. Karena, cara kerjanya kan menggunakan udara yang mengalir,” kata dia menambahkan. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Cara Usir Embun di Helm Full Face, Gak Pake Ribet

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top