Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Cara Sederhana Perbaiki Sirkulasi Aliran Darah Tubuh

Jumat, 23 Des 2016 | 23:55 WIB Dibaca: 11447 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Kalau seseorang sudah merasa dirinya tidak fit dan mudah kesemutan, bisa jadi itu tanda bahwa aliran darah di tubuhnya buruk. Hal tersebut bukan sesuatu yang baik karena aliran darah yang terganggu diketahui erat kaitannya dengan berbagai kondisi mulai dari penyakit jantung hingga diabetes.

Lalu bagaimana cara menghadapinya? Dengan menjaga gaya hidup sehat sebetulnya sudah cukup, namun secara detail sederhana seorang bisa melakukan lima cara ini:

1. Berhenti merokok

Merokok dapat merusak jantung, sel darah, pembuluh darah, dan paru-paru. Seorang perokok lebih mungkin untuk alami pembentukan plak di arterinya yang lama-kelamaan semakin tebal membuat darah sulit untuk mengalir bebas.

Pada akhirnya penumpukan plak pada arteri ini yang meningkatkan risiko untuk serangan stroke dan penyakit jantung.

2. Olahraga

Ketika seseorang berolahraga jantungnya akan berusaha memompa darah lebih kencang dengan tujuan agar bagian tubuh seperti otot memperoleh 'bahan bakar' yang diperlukan. Oleh karena itu semakin terbiasa seseorang berolahraga maka aliran darah secara otomatis juga akan semakin baik.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti di Harvard menemukan penurunan risiko penyakit jantung sampai dengan 20 persen pada orang yang paling sering melakukan olahraga berat. Olahraga ini dapat berupa lari atau jogging, berenang, bermain tenis, atau aerobik.

Berjalan sejauh 3 mil atau lebih dalam seminggu akan mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah sebesar 10%. Olahraga dalam taraf sedang lainnya meliputi berjalan, golf, dan berkebun.

"Olahraga membantu melebarkan pembuluh darah dan memungkinkan darah mengalir lebih bebas," kata Byung-il William Choi, MD, profesor kedokteran penyakit jantung dan pembuluh darah di Medical College of Wisconsin.

3. Kurangi stres

Menurut American Heart Association kecemasan dapat mengganggu aliran alami oksigen dan karbon dioksida di tubuh karena memengaruhi pembuluh darah. Alasannya karena saat cemas hormon stres kortisol dan adrenalin akan dilepaskan membuat pembuluh darah menyempit.

Seseorang dapat berusaha mengelola stres dengan meditasi, yoga, dan hal-hal lain.

4. Hindari air dingin

Jika sirkulasi darah di tubuh sedang buruk, mandi air dingin bisa membuatnya jadi lebih buruk. Peneliti di Harvard Medical School menjelaskan alasannya karena air dingin dapat membuat pembuluh darah yang berada di sekitar kulit berkontraksi dan menyempit.

Reaksi tersebut sebetulnya merupakan bentuk perlindungan tubuh agar darah kita yang hangat jadi lebih terlindungi dari paparan suhu dingin di luar. Namun dampaknya aliran darah bisa menjadi lebih terhambat.

5. Pijat

Dengan mendapat pijatan pikiran bisa menjadi lebih rileks dan dari sisi ini saja sudah bisa memperbaiki aliran darah karena mengurangi stres. Selain itu studi juga sudah melihat bahwa pijatan dapat meningkatkan aliran darah di berbagai bagian tubuh tidak hanya pada tempat yang dipijat saja. [dth]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Cara Sederhana Perbaiki Sirkulasi Aliran Darah Tubuh
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top