Sabtu, 19 September 2020 |
Tekno

Cara Mengatasi Kick Starter yang Macet

Selasa, 05 Mei 2020 | 13:56 WIB Dibaca: 275 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kebanyakan motor yang dipasarkan saat ini telah mengadopsi sistem starter elektrik. Alhasil, fitur kick starter jadi sering terabaikan.

Karena jarang dipakai, penyakit yang kerap menghampiri kick starter adalah macet. Tentu saja kondisi seperti ini bisa membuat gusar terlebih jika Anda terburu-buru dan starter elektrik rusak.

Biasanya, kick starter yang macet lantaran komponen yang ada di dalam rumah CVT berkarat. Kondisi ini membuat kick starter tak mau kembali ke posisi awal setelah diselah.

Seperti dilansir Wahana Honda, penyebab kick starter tak mau kembali ke posisi semula bukan karena susunan gir penghubung tangkai slah, namun karena per stopper penghubung mulai berkarat.

Cara Mengatasinya
Untuk membuat kick starter bisa berfungsi dengan normal, pemilik kendaraan bisa membongkar terlebih dahulu rumah CVT dan cover pelindungnya.

Setelah itu bersihkan debu menggunakan kuas dan angin kompresor. Saat sudah bersih, olesi gemuk alias grease agar kick starter bisa berfungsi dengan baik dan terhindar dari karat.

Hindari penggunaan oli untuk mendapatkan hasil maksimal dan tak mengotori lantai saat melakukan membersihkan kick starter. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Cara Mengatasi Kick Starter yang Macet

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top