Jumat, 18 Januari 2019 |
Kesehatan - News Gallery - Lifestyle

Cara Melindungi Anak dari Penyakit Saat Musim Pancaroba

Sabtu, 15 Des 2018 | 07:03 WIB Dibaca: 80 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Kita pasti sering mendengar ungkapan yang mengatakan, hati orangtua paling sakit jika melihat anak-anaknya sakit. Ketika anak jatuh sakit memang tak berlebihan dikatakan rasanya memang orangtua ingin sekali menggantikan posisi anak untuk memikul rasa sakit tersebut. Sebab orangtua mana sih yang ingin dan tega melihat anaknya jatuh sakit?

Itulah mengapa, orangtua akhirnya menjadi sangat ‘bawel’ untuk urusan kesehatan anak. Akan tetapi, dengan lingkungan yang ada sekarang sebut saja mulai dari polusi, udara kotor, hingga musim pancaroba menjadikan peluang anak untuk cepat sakit rasanya memang terbuka lebih lebar.

Maka dari itu, kita sebagai orangtua harus cerdik mengetahui trik-trik atau cara untuk menjaga kesehatan anak agar tetap prima, salah satunya di saat musim pancaroba seperti sekarang. Di mana cuaca ekstrem bisa berganti begitu cepat dalam waktu yang singkat.

Sebagaimana penjelasan dari dr. Atilla Dewanti SpA(K). Ada 3 hal yang bisa dilakukan orangtua untuk melindungi anak dari penyakit di musim pancaroba. Misalnya membiasakan anak untuk mandi setiap kali usai bermain, atau beraktivitas di luar rumah, menjaga lingkungan, serta cuci tangan dengan benar bisa sangat membantu anak agar tidak mudah jatuh sakit di musim pancaroba.

“Musim pancaroba itu biasanya anak-anak itu musim kena diare. Makanya kebersihan itu nomor satu deh, bisa minta ART (asisten rumah tangga) di rumah yang tadinya ngepel lantai hanya satu kali nah ini dua kali sehari. Lalu cara yang paling dasar adalah cuci tangan, minimal tiap dua jam sekali itu cuci tangan pakai air dan sabun dengan cara yang benar bukan asal cepat. Sama ya kalau habis main di luar itu mandi, keringin dulu keringatnya baru mandi,” tutur dr. Atilla kala ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan belum lama ini.

Dr. Atilla menambahkan, selain dari segi kebersihan lingkungan rumah dan juga membiasakan anak untuk cuci tangan di jangka waktu tertentu. Sebagai upaya pencegahan anak mudah sakit saat sedang musim pancaroba, perihal asupan makanan dan minuman anak juga harus sangat diperhatikan.

“Banyak minum air mineral, anak itu takarannya sama loh kayak orang dewasa butuh 2 liter air mineral per hari, ini penting sekali. Kalau asupan makanan, selain dibantu vitamin usahakan juga untuk anak yang sensitif ada alergi apalagi asma hindari minum es, kerupuk, es krim, dan makan cokelat. Itu pemicu banget deh, langsung,” tandasnya. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Cara Melindungi Anak dari Penyakit Saat Musim Pancaroba
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top