Senin, 21 Mei 2018 |
Kesehatan - News Gallery - Lifestyle

Cara Jitu Berantas Jerawat Puber Tanpa Ribet

Selasa, 13 Feb 2018 | 01:02 WIB Dibaca: 143 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Jerawat tidak hanya identik dengan remaja. Dia bisa hadir kapan saja tanpa diminta, termasuk untuk Anda yang sudah dewasa. Tapi jangan khawatir ada cara mudah mengatasinya, meski jerawat puber memang terkenal sulit diberantas.

Kuncinya cukup dengan melakukan berbagai perubahan sederhana dalam perawatan wajah Anda setiap hari bisa mengatasi jerawat yang membandel. Berikut tipsnya:

1. Rutin cuci muka

Jerawat puber bisa saja terjadi akibat Anda malas atau jarang cuci muka. Oleh karena itu, sempatkanlah waktu untuk mencuci muka dengan benar dua kali sehari, di pagi dan malam hari sebelum tidur. Jangan cuci muka lebih dari dua kali dalam sehari karena ini bisa membuat kulit kering.

Pilih sabun pembersih yang lembut dan berbahan dasar air. Hindari sabun batangan yang justru membuat kulit kering. Kandungan sabun batangan dapat menyumbat pori-pori. Jangan juga pilih sabun pembersih jenis scrub karena partikel kasarnya bisa membuat masalah kulit semakin buruk. Jerawat pada dasarnya tidak bisa dihilangkan menggunakan scrub.

2. Gunakan produk jerawat yang tepat

Salah satu faktor utama penyebab jerawat adalah penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori dan berakibat pada penebalan pori. Minyak yang terperangkap dalam pori akan memulai proses pembentukan jerawat. Maka itu, Anda membutuhkan produk jerawat yang bisa membuat penumpukan sel kulit mati tersebut terkelupas.

Nah, caranya adalah dengan menggunakan produk yang mengandung salicylic acid (SA). SA tidak hanya efektif dan lembut untuk memulai proses pengelupasan pada permukaan kulit, tetapi juga melakukan pengelupasan di dalam pori-pori, membunuh bakteri, dan memiliki kandungan yang mencegah kemerahan pada kulit.

3. Hilangkan bakteri penyebab jerawat

Benzoyl peroxide adalah zat yang ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat puber. Tidak sulit kok untuk menemukan krim jerawat yang mengandung benzoyl peroxide ini. Cara penggunaannya, hanya dengan mengusapkan sedikit produk pada jerawat. Setelah itu kulit akan menyerap obat dan akhirnya menghilangkan bakteri jerawat.

4. Jangan lupakan pelembap

Banyak orang yang enggan menggunakan pelembap, karena takut membuat kulitnya semakin berminyak. Tentu, kulit yang lembap dengan berminyak adalah dua kondisi yang berbeda.

Ketika Anda punya jerawat puber, bukan berarti karena terlalu banyak minyak pada wajah dan akhirnya menghindari pakai pelembap. Kulit wajah tetap harus dijaga kelembapannya. Maka itu, jika ada jerawat di wajah, Anda bisa memilih pelembap yang bebas minyak.

5. Lindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari

Kulit tidak dapat secara otomatis memerangi jerawat ketika terkena sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan secara langsung. Anda sebaiknya menggunakan krim tabir surya khusus wajah yang mengandung SPF 30. Hal ini untuk melindungi masalah kulit semakin buruk

6. Menyerap minyak

Sayangnya, tidak ada cara yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih akibat hormon, tetapi Anda dapat mengontrol munculnya minyak ke permukaan kulit. Caranya, dengan tidak menggunakan produk emolien secara berlebihan dan dengan menyerap minyak sesering mungkin.

Pilihan terbaiknya adalah dengan menggunakan masker tanah liat yang lembut secara teratur dan menggunakan kertas penyerap minyak sehari-hari. Perhatikan juga kandungan dalam rangkaian produk perawatan kulit yang digunakan.

Pastikan produk-produk kesayangan Anda tidak mengandung zat penyebab iritasi seperti menthol, camphor, atau alkohol, yang secara mengejutkan banyak terkandung dalam produk anti-jerawat. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Cara Jitu Berantas Jerawat Puber Tanpa Ribet
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top