Selasa, 20 Oktober 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Cara Jaga Kesehatan Mata dari Paparan Layar Smartphone

Sabtu, 18 Agt 2018 | 01:06 WIB Dibaca: 557 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Smartphone seolah jadi barang wajib yang dimiliki manusia zaman sekarang. Sebagian besar masyarakat tak dapat lepas dari penggunaan smartphone setiap harinya. Kadangkala smartphone membuat Anda melupakan hal yang ada di sekitar dan tentunya akan sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Kehadiran smartphone di dunia, memang dapat membantu mempermudah aktivitas manusia. Namun, jika Anda menggunakannya secara berlebihan, hal ini bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Smartphone yang telah memasuki kehidupan manusia, dapat membuat pola tidur seseorang berubah.

Tak heran jika bermain smartphone di atas tempat tidur dapat merusak penglihatan Anda. Bahkan lebih parahnya, peneliti dari University of Toledo mengatakan bahwa cahaya biru dari layar smartphone dapat menyebabkan kebutaan.

Ya, tentu hal ini sangatlah mengerikan. Tapi studi ini mengatakan bahwa cahaya biru menimbulkan reaksi racun dalam molekul retina dan sinyal otak. Akibatnya, reaksi kimia beracun terjadi dan membunuh fotoreseptor di mata, yang tidak dapat dipulihkan lagi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal, Scientific Reports, mengatakan efek radiasi ini mengarah pada degenerasi makula, penyakit mata yang tidak dapat disembuhkan yang menyebabkan kebutaan.

Degenerasi makula terbagi menjadi dua, yakni basah dan kering. Ketika pembuluh darah bocor dan tumbuh di bawah retina, itu disebut degenerasi makula basah. Sementara degenerasi makula kering adalah ketika pusat retina memburuk.

Para peneliti juga mempelajari dampak lain cahaya biru yang berasal dari TV, smartphone dan tablet terhadap kesehatan mata Anda. Meski demikian, masih ada langkah yang bisa Anda ambil untuk menyelamatkan mata Anda dari radiasi cahaya smartphone.

Istirahatkan mata untuk sementara waktu

Tentunya terlalu lama di depan layar sangat tidak baik untuk kesehatan mata. Ada baiknya mengistirahatkan mata selama 15-20 menit sebelum kembali melanjutkan pekerjaan Anda. Kemudian perbanyak frekuensi kedipan mata untuk menjaga kelembapannya.

Pegang Smartphone Lebih Jauh

Sebagian besar orang cenderung memegang smartphone mereka hanya sekira 8 inci dari wajah untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik dan lebih dekat. Ini tentu tidak baik untuk mata karena cahaya biru dapat memengaruhi kesehatan penglihatan.

Cobalah memegang smartphone setidaknya 16 hingga 18 inci dari mata. Ini mungkin terasa aneh ketika Anda melakukannya untuk pertama kalinya, tetapi secara bertahap Anda akan terbiasa.

Matikan Telepon Sebelum Waktu Tidur

Menurut National Sleep Foundation, cahaya biru juga dapat memengaruhi tidur Anda dengan menekan produksi hormon melatonin. Melatonin memainkan peran kunci dalam pengaturan siklus tidur dan produksinya dipengaruhi oleh deteksi cahaya biru di smartphone Anda. Jadi, matikan ponsel Anda setidaknya 30 menit sebelum waktu tidur.

Sesuaikan Kecerahan dan Kontras Layar

Salah satu cara untuk melindungi mata Anda dari cahaya smartphone adalah menyesuaikan kecerahan dan kontras layar. Menggunakan kecerahan layar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ketegangan pada mata dan membuatnya menjadi tidak nyaman. Atau bisa juga dengan memasang kaca anti-silau atau mengunduh aplikasi reduksi cahaya untuk mengurangi cahaya biru di perangkat Anda.

Basahkan Mata Anda dengan Air

Cara lain untuk menyelamatkan mata Anda dari sorotan cahaya konstan smartphone adalah dengan memercikkan mata Anda dengan air sesering mungkin. Memercikkan mata Anda dengan air akan menangkal iritasi dan mengurangi kekeringan di mata. Ini akan menurunkan masalah seperti penglihatan kabur dan membantu mata Anda untuk fokus lebih baik. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Cara Jaga Kesehatan Mata dari Paparan Layar Smartphone
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top