Minggu, 18 Agustus 2019 |
Tekno

Cara Ini Diklaim Ampuh Cegah Penipuan Oli Palsu

Rabu, 12 Jun 2019 | 18:46 WIB Dibaca: 310 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pelumas atau oli memiliki peran penting untuk perlindungan mesin kendaraan bermotor. Beragamnya merek dan oli yang dipasarkan saat ini, ternyata masih membuka celah bagi pihak yang tidak mempertanggungjawab untuk mencari keuntungan dengan memalsukan produk oli.

Marketing Manager Evalube, Ivan Rastianto mengatakan, pemalsuan oli akan merugikan produsen oli serta pemilik kendaraan lantaran membayar barang dengan kualitas yang tidak jelas kualitasnya.

"Oli palsu ini memang sulit bagi konsumen awam untuk mengetahuinya. Saya sendiri pernah menemukan dan melihat secara langsung produk oli palsu dari merek lain, itu sangat sulit dibedakan dengan yang aslinya," ujar Ivan di Jakarta, Jumat 31 Mei 2019.

Untuk mencegah produknya dipalsukan, kata Ivan, Evalube memiliki teknologi canggih berupa fingerprint yang ada di dalam cairan. Sehingga, jika suatu saat oli Evalube dipalsukan makan akan mudah diketahui dengan mencocokkan dengan sampel cairan pelumas palsu dengan yang aslinya.

Selain itu, kemasan olinya juga sudah dilengkapi dengan kode khusus. Dengan kode ini, pabrikan pelumas lokal ini mampu mendeteksi dari mana produknya disalurkan serta informasi lain terkait produknya.

"Sejauh ini kami belum menemukan produk kami dipalsukan dan mudah-mudahan tidak ada. Saran kami, konsumen sebaiknya membeli produk pelumas di bengkel yang kredibel atau paling tidak yang dia sudah kenal dan ketahui kualitasnya, jadi dia terhindar dari produk oli palsu," tutur dia. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Lakukan Hal Ini, Dijamin Rem Motor Enggak Blong
Senin, 12 Agt 2019 | 14:44 WIB
Lakukan Hal Ini, Dijamin Rem Motor Enggak Blong
Xiaomi Mi 9 5G Diprediksi Punya Layar QHD
Jumat, 09 Agt 2019 | 17:38 WIB
Xiaomi Mi 9 5G Diprediksi Punya Layar QHD

KOMENTAR

Cara Ini Diklaim Ampuh Cegah Penipuan Oli Palsu

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top