Minggu, 22 Oktober 2017 |
Kesehatan - News Gallery

Cara Efektif Terhindar Dari Kuman

Minggu, 16 Jul 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 310 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Kuman merupakan salah satu penyebab penyakit yang sulit dihindari karena kuman terdapat di banyak tempat, misalnya di tempat umum, uang, gagang pintu dan sebagainya.

Namun ada beberapa cara efektif untuk terhindar dari kuman.

1. Segera mandi setelah berada dekat orang yang sakit
Berada di dekat orang yang sakit dapat menyebabkan kita tertular. Gunakan sabun antibakteri agar lebih bersih dan efektif. Namun hal ini tidak perlu dilakukan jika berada di dekat orang yang mengidap penyakit tidak menular seperti kanker atau migrain.

2. Hindari menggunakan alat makan milik orang lain
Jangan menggunakan peralatan makan seseorang yang mengidap penyakit menular seperti penyakit paru-paru karena dapat menularkan penyakit tersebut. Lebih bijak apabila menggunakan alat makan sendiri.

3. Gunakan tisu basah
Bersihkan tangan dengan tisu basah usai melakukan aktifitas yang menggunakan tangan. Hal ini meminimalisir kontaminasi kuman.

4. Ekstra waspada menggunakan toilet umum
Toilet umum, khususnya kloset duduk merupakan tempat penyebaran kuman dan virus. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan tisu untuk membuka gagang pintu dan membuka keran, gunakan kertas toilet sebagai alas di kloset duduk atau semprotkan toilet sanitizer.

Jangan gunakan air di ember untuk membilas, lebih baik gunakan air langsung dari keran.

5. Cuci tangan sesering mungkin
Kuman mudah menempel pada tangan, biasakan untuk cuci tangan dengan sabun setiap ingin melakukan aktifitas. Jika tidak ada air, gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Brokoli Bagus Jaga Kesehatan Usus
Sabtu, 21 Okt 2017 | 06:31 WIB
Brokoli Bagus Jaga Kesehatan Usus

KOMENTAR

Cara Efektif Terhindar Dari Kuman

BERITA TERKAIT

Top