Kamis, 02 Juli 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Cara Ampuh Sukses Persalinan Alami Ajak Bayi Berbicara

Sabtu, 14 Jan 2017 | 09:30 WIB Dibaca: 802 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Setiap wanita mendambakan anak lahir dengan proses normal dan lancar. Tetapi, menjelang persalinan terkadang tak sedikit masalah yang timbul sehingga menyebabkan ibu tak bisa melahirkan secara normal. 

Tetapi, ada cara alami dimana komunikasi antara ibu dan bayi yang masih berada di dalam perut ampuh sukseskan proses persalinan normal tersebut. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Lanny Kuswandi, seorang praktisi Hypno-birthing di Indonesia bahwa mengajak bayi berbicara sejak masih dalam kandungan mampu membantu proses persalinan kelak. 

"Dengan latihan relaksasi Hypno-birthing dapat membuat ibu hamil terampil dalam berkomunikasi dengan janin atau bayi yang dikandungnya. Berkomunikasi termasuk salah satu latihan Hypno-birthing yang dilakukan sambil mengelus perut serta afirmasi berulang-ulang diucapkan," kata dia. 

Dengan begitu, ditambahkan oleh dia, dapat membantu mempererat hubungan batin antara bayi dan ibu. Sehingga pada saat waktu persalinan, ibu dan bayi dapat saling menguatkan dan berkompromi untuk bekerjasama melewati proses persalinan normal, aman dan nyaman. 

Ini manfaat berkomunikasi dengan bayi yang masih di dalam kandungan selama hamil dan menjelang persalinan dikutip dari buku Keajaiban Hypno-birthing karya Lanny Kuswandi:

Selama hamil

1. Berkomunikasi secara intens dengan janin menguatkan ikatan batin antara ibu dan calon buah hati. Meskipun bagi orang lain secara kasat mata janin belum terlihat karena masih berada di dalam kandungan.
2. Ikatan batin yang terjalin kuat itu punya peranan penting selama ibu hamil menjalani masa kehamilan hingga proses persalinan. 
3. Selama hamil, komunikasi intens membuat ibu cepat tanggap terhadap semua pesan yang disampaikan oleh janin. Biasanya, janin selalu mengirim pesan pada ibu yang berhubungan dengan kesehatan kehamilan baik fisik maupun mental. 
4. Kepekaan ibu hamil terhadap sinyal yang disampaikan janin ini yang justru membantu menjaga kehamilannya agar senantiasa sehat, tenang dan damai hingga saatnya melahirkan. 

Menjelang persalinan

1. Menjelang proses persalinan, jalinan kuat antara ibu hamil dengan janin menunjukkan kemampuan dan kehebatannya. Dengan kepekaan tersebut, ibu akan tahu kapan bayinya akan lahir tersebut.
2. Secara batin, ibu dan janin langsung berkolaborasi. Kepercayaan diri ibu menjadi sangat tinggi karena yakin mampu melewati saat bersejarah bersama buah hatinya. 

Menurut Lanny, selain dua manfaat tersebut, manfaat lain dari berkomunikasi dengan janin selama masa hamil dan persalinan juga membawa dampak baik ibu dan bayi melewati masa menyusui. Dan dengan mudahnya mengasuh anak di masa pertumbuhannya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Secara batin bentuk komunikasi erat sudah dibentuk sejak dalam kandungan. Ini akan terekam dan menjadi bekal dari pola hubungan dan pola komunikasi antara ibu dan anak hingga anak dewasa.[rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

3 Manfaat Minyak Kelapa untuk Atasi Masalah Kulit
Selasa, 30 Jun 2020 | 09:50 WIB
3 Manfaat Minyak Kelapa untuk Atasi Masalah Kulit
Anak Alergi Susu Sapi, Simak Tandanya Berikut!
Selasa, 30 Jun 2020 | 07:50 WIB
Anak Alergi Susu Sapi, Simak Tandanya Berikut!
Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja
Senin, 29 Jun 2020 | 09:35 WIB
Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

KOMENTAR

Cara Ampuh Sukses Persalinan Alami Ajak Bayi Berbicara

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top