Sabtu, 20 Juli 2019 |
News Room - Banten Memilih

Calon Gubernur WH Bagi Tips Mengelola Sampah di Perumahan Cikande Serang

Minggu, 13 Nov 2016 | 19:42 WIB Dibaca: 816 Pengunjung

Calon Gubernur Banten Wahidin Halim saat meninjau tempat pembuangan sampah di Perumahan Cikande Permai, Minggu (13/11/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Calon Gubernur Banten nomor urut 1, Wahidin Halim mengunjungi warga di Perumahan Cikande Permai, Kabupaten Serang, Minggu (13/11/2016). Ia hadir mengikuti gerak jalan santai dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Selain berolahraga bersama warga, cagub yang biasa disapa WH ini menyempatkan meninjau tempat pembuangan sampah sementara di perumahan tersebut.

"Persoalan sampah bicara masa depan. Saat ini setiap perumahan atau daerah pasti berhadapan dengan masalah sampah," kata WH.

Menurutnya, sampah harus dimanage dengan baik, karena kalau tidak akan berkembang menjadi penyakit serta kekumuhan dan penyebab banjir.

"Saya punya pengalaman menangani masalah sampah di Kota Tangerang, bahkan mendapatkan Adipura Kencana, ungkapnya.

WH nampak memahami betul bagaimana menangani sampah, mulai dari sumber sampah, kemudian tempat pembuangan sementara, sampai tempat pembuangan akhir.

Ia mengatakan, siklus atau sistem penanganan sampah harus diperhatikan secara serius. Kalau tidak akan berdampak pada lingkungan yang negatif.

"Kita harus cari solusi, TPA-nya di mana, jumlah kendaraan yang disiapkan angkut sampah setiap hari dan lainnya. Itu kan bisa dihitung tonase sampah per hari dan sumbernya apakah berasal dari rumah tangga, pasar dan lain-lain," tuturnya.

Selain itu, lanjut WH, pemilahan sampah juga harus dipisahkan mulai dari rumah. Masyarakat harus tahu mana sampai yang bisa didaur ulang dan mana yang tidak.

"Saya rasa Serang juga sebagai ibu kota Banten harus sudah mulai menata. Program saya akan mengkonsep bagaimana sistem kelola agar sampah tidak timbulkan penyakit dan gangguan lingkungan," jelasnya.

WH menambahkan, persoalan sampah menjadi tugas besar, bukan hanya infrastruktur saja. Apalagi warga di perumahan ini sudah sulit mendapatkan air bersih.

"Masyarakat sangat membutuhkan air, tinggal bagaimana kita siapkan dengan baik. Anggaran juga harus disiapkan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 02 Perumahan Cikande Permai, Joko Santoso mengatakan, warga terkendala dengan tempat pembuangan sampah di perumahan. Ketika sampah sudah numpuk dan menimbulkan bau dikeluhkan warga dan diusir.

"Jadi sering berpindah-pindah tempat pembuangan sampahnya. Selama ini memang sudah ditangani, tapi belum maksimal karena kendaraannya kurang," ucap Joko.

Ditambah lagi persoalan air bersih, sejak pemukiman ini berdiri 22 tahun yang lalu, belum ada saluran air PDAM. Warga kesulitan ketika terjadi kemarau.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak WH, tadi datang ke rumah warga merasakan sendiri yang terjadi. Saya yakin pak WH membawa perubahan bagi Banten," pungkasnya.

Kehadiran calon gubernur yang berpasangan dengan Andika Hazrumy ini, disambut antusias warga. Wahidin Halim sempat berkeliing ke perumahan untuk menyapa warga.

Warga pun terlihat senang dikunjungi mantan Wali Kota Tangerang dua periode tersebut. Selain itu, WH bersama warga juga berdiskusi mengenai persoalan lain yang dihadapi.

"Saya senang bisa bertemu warga di sini. Saya hanya mohon doa kepada bapak ibu, di Pilgub Banten berpasangan dengan Andika Hazrumy semoga diberikan kelancaran," ucap pria yang hobi bermain bulutangkis itu.

Adik mantan Menteri Luar Negeri Hasan Wirajuda ini menceritakan, setiap minggu dirinya memang rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan.

Di tengah kerumunan warga, tampak hadir pelawak Doyok. Ia turut menghibur para peserta sambil berharap Calon Gubernur Wahidin Halim bersama wakilnya, Andika Hazrumy bisa membawa perubahan Banten ke depan. [uis]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Calon Gubernur WH Bagi Tips Mengelola Sampah di Perumahan Cikande Serang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top