Senin, 26 Februari 2018 |
Tekno

Busi Minta Diganti? Ini Gejalanya

Kamis, 27 Apr 2017 | 13:05 WIB Dibaca: 895 Pengunjung

Busi kendaraan bermotor.*

[NEWSmedia] - Fungsi busi pada sebuah kendaraan sangatlah vital, termasuk pada sepeda motor. Komponen ini memiliki peran dalam sistem pengapian, yakni pemantik yang akan membuat campuran bensin serta udara terbakar, sehingga menghasilkan energi untuk mendorong piston.

Terbukti, apabila mesin mogok atau pun mengalami kendala, bagian busi tak pernah luput ikut dicek untuk memastikan apakah sektor pengapian tetap prima.

Meski demikian busi juga kerap mengalami masalah, di antaranya kotoran yang menumpuk hingga membuat pembakaran menjadi tak maksimal dan usia masa pakai yang telah habis. Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti busi?

"Ciri-ciri busi bermasalah itu motor sering berebet, kurang bertenaga, susah hidup meskipun dalam keadaan mesin panas," kata Sales Manager Hella divisi Roda Dua, Bengbeng, di Jakarta Pusat.

Selain itu, ia menegaskan, pemilik kendaraan biasanya melakukan penggantian busi setelah menempuh 20 ribu kilometer atau sekira tiga bulan masa penggunaan. "Pergantian berkala kalau di tempat kami itu biasanya 20 ribu (km) atau sekira tiga bulanan. Saat servis juga harus diperhatikan benar soal busi, karena memang busi sangat berperan penting untuk motor," ujarnya. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Busi Minta Diganti? Ini Gejalanya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top