Kamis, 19 Juli 2018 |
News Room

Buruan Daftar! Ada Pelayanan Operasi Katarak Gratis di RSUD Banten

Kamis, 07 Sept 2017 | 09:54 WIB Dibaca: 978 Pengunjung

Pelayanan pengobatan gratis untuk penderita katarak di RSUD Banten di hari pertama, Rabu (6/9/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Dalam rangka HUT ke-72, Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengadakan pelayanan pengobatan gratis untuk penderita katarak di Provinsi Banten. Kegiatan diselenggarakan di RSUD Banten selama sepekan, mulai 6 sampai 11 September mendatang.

Pantauan NEWSmedia di lokasi, warga yang didominasi para lansia terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan pengobatan gratis katarak.

Pelayanan yang diberikan mulai dari pemeriksaan tensi dan gula darah, pemeriksaan mata hingga penanganan operasi. Tidak sedikit juga yang berkonsultasi dengan dokter sebelum penanganan lebih lanjut.

Asisten Teritorial Panglima TNI, Mayjen Wiyarto mengatakan, pihaknya menargetkan 1.800 orang penderita katarak di Banten untuk diberikan pengobatan secara gratis.

"Jadi, ini (yang datang) dari seluruh wilayah Banten yang dari pelosok-pelosok, dijemput oleh Babinsa bekerja sama Babinkamtibmas. Yang nggak bisa berangkat sendiri kita jemput," kata Wiyarto usai membuka acara, Rabu (6/9/2017).

Wiyarto mengatakan kegiatan seperti ini bukan yang pertama dilakukan,  tetapi sudah digelar di beberapa daerah di Indonesia. Ia mengatakan operasi katarak ini untuk membantu masyarakat kurang mampu, karena biayanya cukup mahal.

Dalam pelayanan pengobatan gratis ini, TNI bekerjasama dengan organisasi sosial yang bergerak untuk bhakti NKRI.

"Untuk di Banten kita gelar mulai tanggal 6-11 September. Targetnya 2.000 orang, tetapi pesertanya masih kurang. Kami juga sudah sampaikan ke tingkat Babinkamtibmas agar penderita katarak ini diobati bersama," ujar Wiyarto.

Menurutnya, warga Banten yang menderita katarak relatif cukup banyak, sehingga Mabes TNI menunjuk Korem 064 Maulana Yusuf Banten mencari warga Banten untuk diberikan pengobatan secara gratis.

"Kalau ada masyarakat yang belum terjangkau, lapor ke satuan TNI atau Polri, pasti difasilitasi, karena pendaftaran ini tidak dipungut biaya," sambungnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Buruan Daftar! Ada Pelayanan Operasi Katarak Gratis di RSUD Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top