Senin, 16 Desember 2019 |
News Room - Pemerintahan

Bupati Tatu Ingin Masyarakat Kabupaten Serang Sarapan dengan Singkong

Selasa, 24 Sept 2019 | 13:25 WIB Dibaca: 312 Pengunjung

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat meninjau peserta Lomba Cipta Menu di Halaman Pendopo Kabupaten Serang, Selasa (24/9/2019)

SERANG, [NEWSmedia] - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menginginkan masyarakat Kabupaten Serang tidak lagi ketergantungan mengkonsumsi beras atau nasi untuk sarapan pagi.

Menurutnya, kandungan gula yang ada di dalam beras sangat tinggi yang bisa menimbulkan penyakit diabetes. Dan sarapan bisa diganti menggu akan sumber karbohidrat lainnya, seperti singkong, ubi dan lain sebagainya.

"Tadi saya juga sampaikan ke ibu-ibu, tolong ke masyarakat sampaikan juga agar bisa sarapan pakai singkong, jadi tidak tergantung pada beras matang, karena kandungan gula di beras itu tinggi, dan sekarang penyakit diabet banyak sekali," kata Tatu setelah membuka Lomba Cipta Menu di Halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa (24/9/2019).

Hal itu perlu dilakukan, lanjut Tatu, untuk menekan angka penyakit diabetes di Kabupaten Serang dan agar masyarakat yang tidak mampu membeli beras tetap bisa makan dengan alternatif lainnya.

"Mudah-mudahan upaya ini bisa menekan penyakit diabet dan kemampuan masyarakat yg tidak bisa membeli beras, mereka tetap bisa makan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Serang, Suhardjo mengatakan, 100 persen masyarakat Kabupaten Serang masih ketergantungan dengan beras.

"Lebih mensosialisasikan bahwa makanan pokok bukan hanya beras, ada alternatif lain yang bisa dikonsumsi selain beras, ada sukun, singkong dan lainnya yang bisa menggantikan beras dan pelan-pelan kita kurangi ketergantungan itu," kata Suhardjo.

Meski demikian, lanjut Suhardjo, pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk ketersediaan bahan pokok selain beras tersebut.

"Kita masih kesulitan bahan baku, kita dengan dinas pertanian yuk kembangkan lagi singkong ini, ada sukun, ubi, singkong, pisang, gandum, cuma pengembangan produksinya masih jadi PR," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Tatu Ingin Masyarakat Kabupaten Serang Sarapan dengan Singkong
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top