Selasa, 22 September 2020 |
News Room

Bupati Serang Optimistis Dapat Penuhi Serapan Gabah Petani ke Bulog

Jumat, 10 Mar 2017 | 15:06 WIB Dibaca: 826 Pengunjung

Rapat koordinasi teknis serapat gabah petani.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Kabupaten Serang bersama Kodim 0602/Serang, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divre Serang, Badan Ketahanan Pangan Kota Serang dan Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Serang, menggelar Rapat Koordinasi Serapan Gabah Petani tahun 2017, di Makodim 0602/Serang, Jl Raya Serang-Pandeglang, Kota Serang, Jumat (10/3/2017).

Dalam rapat tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pertanian (Distan) ditarget dapat memenuhi serapan gabah petani sebanyak 42.167 ton untuk dapat disalurkan ke Bulog Sub Divre Serang selama 2017 ini.

“Kalau untuk serapan gabahnya itu sekitar 42.167 ton untuk di Kabupaten Serang,” kata Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah.

Sesuai dengan instruksi dari Kementrian Pertanian (Kementan) RI yang menargetkan setidaknya minimal 4 juta ton gabah petani setara beras terserap selama 6 bulan pada tahun 2017. Dari target tersebut dibebankan kepada 300 pemerintah kabupaten seluruh Indonesia dan salah satunya adalah Kabupaten Serang.

“Kita telah mendorong petani untuk dapat meningkatkan hasil produksi. Target swasembada pangan di Indonesia ini harus tercapai, pada tahun 2017 ini hasil tanam para petani besar, tetapi kita masih mempunyai permasalahan dalam penyerapan untuk daerah kita sendiri. Bagaimana caranya produksi petani yang besar ini tidak menyebabkan harga anjlok,’ ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati meminta kepada Bulog untuk tidak mendrop beras dari luar daerah. Sebab hasil pertanian dari Kabupaten Serang yang berlimpah agar dapat bisa di dikembalikan kepada masyarakat kabupaten Serang.

“Tadi saya menyampaikan ke bulog. Bisa enggak kalo kabupaten serang ini misalnya tidak di drop beras dari luar. Ya dari kita untuk kita. Jadi dari petani kabupaten Serang untuk masyarakat kabupaten Serang," kata Bupati,

Sementara itu, Dandim 0602/Serang Letkol Infanteri Oki Andriansyah Adiwirya menginginkan, dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara Pemkab Serang, Bulog dan Kodim 0602/Serang, dapat bersinergitas terkait penyaluran swasembada pangan yang sejahtera.

“Kita sudah tandatangan MoU dengan Kementan untuk pendampingan upaya khusus swasembada pangan, baik dari hulu ke hilirnya akan kita kawal. Bulog sebagai BUMN, Pemda dan kami sebagai pendamping, kita akan bekerja dengan baik. Saya sudah perintahkan pendampingan Danramil dan Babinsa agar mendampingi proses itu,” ujarnya. [ifal]

Penulis: Syahrifal
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Serang Optimistis Dapat Penuhi Serapan Gabah Petani ke Bulog
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top