Selasa, 20 Oktober 2020 |
News Room - Pendidikan

Bupati Serang Kagumi Ide ‘Manusia Literasi’ Karya Siswa SMP Al-Irsyad

Selasa, 09 Mei 2017 | 08:13 WIB Dibaca: 1212 Pengunjung

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah membaca 'pesan literasi' yang menempel di pakaian Muhamad Malik Zurkarnain, siswa SMP Al Irsyad Waringin Kurung, Kabupaten Serang yang menjadi 'Manusia Literasi'.*

SERANG [NEWSmedia] - Gerakan Membaca ‘Menuju Kabupaten Serang Multiliterate’ yang digagas Pemerintah Kabupaten Serang menjadi agenda akhir dari rangkaian acara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Serang.

Dalam acara yang digelar di halaman Pendopo Bupati Serang, Senin, (8/5/2017), para siswa dari puluhan sekolah menampilkan hasil kreativitas dan karya masing masing. Salah satu karya yang sempat menjadi perhatian adalah persembahan para siswa SMP Al-Irsyad Waringin Kurung, Kabupaten Serang.

Selain menampilkan hasil karyanya seperti buku-buku dan hasil menggambar, para siswa SMP Al-Irsyad Waringin Kurung juga menghadirkan ‘Manusia Literasi’ dan juga ‘Sepeda Ontel Literasi’ saat bazar literasi di acara tersebut.

“Kreatif, ini kreatif banget. Ada manusia (literasi) dan ada sepeda ontelnya,” ujar Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat mengunjungi stand bazar Gerakan Membaca SMP Al-Irsyad Waringin Kurung.

Menurut Tatu, hasil kreatifitas siswa SMP Waringin Kurung tersebut patut dibanggakan. Pasalnya, jarang ada siswa yang berpikir dengan ide menampilkan sosok ‘Manusia Literasi’ dan ‘Sepeda Ontel Literasi’.

“Ini ada tulisan-tulisan di daun, terus ada kutipan kata-kata motivasi belajar. Saya apresiasi sama siswa ini. Mudah mudahan bisa lebih kreatif lagi,” katanya.

Sosok ‘Manusia Literasi’ diperagakan oleh Muhamad Malik Zurkarnain, siswa SMP Al Irsyad Waringin Kurung, Kabupaten Serang. Malik memakai topi caping ala petani, dan mengenakan pakaian yang ditempeli daun kering bertuliskan kata-kata motivasi belajar.

Sementara ‘Sepeda Ontel Literasi’ dipasang tempat penampung buku di bagian jok belakang penumpang. Kendaraan itu dipakai untuk mengkampanyekan gerakan literasi di Kabupaten Serang, terutama di sekolah tempat siswa tersebut menimba ilmu.

Tim literasi SMP Al-Irsyad Waringin Kurung, Kabupaten Serang.*

Muhamad Malik Zurkarnain yang berperan menjadi ‘Manusia Literasi’ mengaku senang mendapat apresiasi dari Bupati Serang, atas kreativitas yang dibuat oleh beberapa rekan siswa-siswi lainnya.

“Awalnya deg degan, tapi seneng banget dapet pujian langsung dari ibu (Bupati Serang),” katanya.

Malik berharap, Pemerintah Kabupaten Serang memberikan support kepada siswa-siswi untuk pengembangan pendidikan, baik dari dari prestasi belajar hingga produk hasil kreativitas mereka.

“Support kami terus yah ibu,” ucap Malik dengan polos. [ifal]

Penulis: Syahrifal Fahlevi
Editor: Rapih Herdiansyah
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Serang Kagumi Ide ‘Manusia Literasi’ Karya Siswa SMP Al-Irsyad
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top