Selasa, 19 Desember 2017 |
News Room - Pemerintahan

Bupati Serang Bagikan Kartu JKN-KIS Bagi Warga Kurang Mampu

Rabu, 19 Apr 2017 | 14:33 WIB Dibaca: 606 Pengunjung

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat membagikan kartu JKN-KIS di aula tenis indoor Pemkab Serang, Rabu (19/4/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah membagikan kartu JKN-KIS kepada 500 warga yang kurang mampu di Kabupaten Serang di Aula Tenis Indoor Pemkab Serang, Rabu (19/4/2017).

Bupati mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Serang dalam ewujudkan program prioritas dibidanag kesehatan masyarakat.

"Ini merupakan wujud nyata bahwa Negara hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menjamin dan memungkinkan setiap warga negara mendapatkan akses dan jaminan saat mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Tatu.

Ia mengatakan, jika dilihat dari jumlah penduduk, sebetulnya sudah cukup namun pada proses pendistribusiannya ada yang tidak tepat sasaran, meski demikian, Pemkab Serang telah menganggarkan di Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

"Bisa pakai surat keterangan tidak mampu dari desa, jadi kalau ada yang sakit bisa kita backup, semoga kedepannya bisa tercover semua sama BPJS," terangnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Regional XIII, Benjamin Saut PS mengatakan, program JKN-KIS merupakan program prioritas pemerintah Jokowi-Jk yang tercantum dalam Nawacita yang kelima, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

"Program ini diharapkan mampu meretas jalan perubahan demi Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan," pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serang, Ahmad Saepudin akan memprioritaskan program KIS untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

"Yang sekarang ini, diambil dari APBN sebanyak 24.748 orang, dan sisanya nanti akan dicover provinsi juga dicover oleh APBD. Jadi, nanti tidak lagi bergerombol minta keterangan ke Dinsos, kalau mereka sudah memiliki kartu KIS ketika mau berobat," katanya.

Ia berharap, dalam waktu dekat ini masyarakat menengah ke bawah semuanya bisa mendapatkan kartu indonesia sehat. [Ifal/Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni | Syahrifal Fahlevi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Serang Bagikan Kartu JKN-KIS Bagi Warga Kurang Mampu
Top