Minggu, 27 September 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Bungkus Makanan Panas Pakai Plastik Bisa Picu Kanker

Kamis, 03 Mei 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 584 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Plastik sangat praktis dan 'on the go' jika digunakan untuk membungkus makanan. Hampir semua produk kemasan terbuat dari plastik termasuk botol minum yang digunakan sehari-hari. Namun amankah?

Banyak penelitian yang menyebut bahwa menggunakan plastik sebagai wadah makanan sangat berbahaya dan bisa menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Selain itu dalam jangka panjang penggunaan plastik sebagai wadah makanan ternyata dapat memicu kanker.

pesialis okupasi, dr Nusye E Zamsiar, MS, SpOk menyebutkan hal serupa. Wadah plastik bagi makanan sangat berbahaya apalagi jika digunakan untuk membungkus makanan bersuhu panas.

"Bahan plastik yang ada di dalamnya terurai dan mencemari makanan," ujarnya.

Tidak hanya makanan panas tapi jenis makanan yang mengandung zat asam juga bisa sebabkan pencemaran makanan.  "Zat asam juga bisa sebabkan zat kimia plastik terurai dan bermigrasi dalam makanan."

Lebih lanjut Nusye menyebut, paparan jangka panjang zat kimia plastik dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. "Di dalam tubuh, bisa menyebabkan gangguan hormon, gangguan kesuburan hingga kanker,” ujarnya.

Gunakan yang aman

Meski berbahaya, namun ia menyebut tidak semua plastik buruk bagi tubuh. Ada beberapa jenis plastik yang aman digunakan dan bisa dijadikan alternatif pembungkus makanan.

"Pilih plastik yang memiliki logo BPA free, food grade, free FDA juga aman." Selain itu ada logo-logo dalam kemasan plastik yang wajib dipahami untuk menjamin keamanan dari produk tersebut.

"Misalnya simbol gelas dan garpu, lalu logo segitiga dan ada nomor-nomornya 1-6." Lebih lanjut  nomor yang dimaksud 1,2, dan 4 adalah yang tergolong aman digunakan untuk wadah makanan, sedangkan nomor 3, 5 dan 6 tidak boleh digunakan untuk wadah makanan. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bungkus Makanan Panas Pakai Plastik Bisa Picu Kanker
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top