Minggu, 20 September 2020 |
News Room - Ekonomi

Bunga KUR Tetap 9 Persen Meski Target Penyaluran Jadi Rp110 Triliun

Senin, 23 Jan 2017 | 07:00 WIB Dibaca: 813 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Pemerintah menetapkan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2017 tetap 9 persen. Padahal, sebelumnya bunga KUR tahun ini dikabarkan bakal turun jadi 7 persen.

"Bunga KUR tetap 9 persen," tutur Deputi I Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir (20/1).

Iskandar mengungkapkan, tahun ini pemerintah menargetkan penyaluran KUR mencapai Rp110 triliun, atau naik sekitar 10 persen dari tahun lalu, Rp100 triliun.

Lebih lanjut, tahun ini, pemerintah berharap penyaluran KUR tahun ini bisa lebih banyak ke sektor produksi sambil tetap menjaga aspek prudensial. Pasalnya, tahun 2016, sekitar 66 persen penyaluran KUR disalurkan ke sektor perdagangan.

Setidaknya, porsi KUR ke sektor produksi bisa mencapai 40 persen atau lebih besar dari porsi tahun lalu yang hanya ada di kisaran 17 persen.

"Kita ingin mendorong penyaluran ke sektor pertanian, ke sektor produksi perikanan, supaya ekonomi mereka itu bisa menggeliat. Itu tujuan kita supaya ekonomi kerakyatan yang kita dengung-dengungkan itu bisa kita percepat pencapaiannya," ujarnya. [cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bunga KUR Tetap 9 Persen Meski Target Penyaluran Jadi Rp110 Triliun

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top