Selasa, 19 Desember 2017 |
News Room - Ekonomi

Bulog Jamin Stok Pangan Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Selasa, 28 Nov 2017 | 07:06 WIB Dibaca: 168 Pengunjung

Pekerja memanggul karung Beras.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Perum Bulog memastikan pasokan bahan pangan jelang libur Natal dan Tahun Baru 2018 dalam kondisi aman. Adapun bahan pokok tersebut di antaranya beras, gula, minyak goreng dan daging.

Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumajakti mengungkapkan, untuk beras, saat ini pihaknya masih memiliki stok mencapai 1,2 juta ton.

"Artinya ini aman, biasanya memang 1,5 juta kalau bisa 1 juta, tapi kan ini untuk menjaga, dan itu aman," ucap Djarot di kantornya, Senin (27/11/2017).

Masuk ke gula, Djarot mengaku saat ini stok gula di gudang Bulog sebesar 400 ribu ton. Angka ini jika dihitung bisa mencukupi kebutuhan hingga akhir tahun, sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Konsumsi gula di masyarakat setiap bulan mencapai 240 ribu ton.

Sementara untuk minyak goreng, Perum Bulog memiliki stok mencapai 2,2 juta liter. Meski diperkirakan cukup, Djarot mengaku akan terus menambah pasokan.

"Kalau untuk daging, hari ini kami punya daging kisaran 16 ribu ton. Artinya kalau kita rata-rata satu bulan kan 8.000-9.000 ton artinya masih jauhlah," tegas dia.

Ditambahkan Djarot, dari 16 ribu stok daging yang dimiliki tersebut, mayoritas adalah daging kerbau. Baginya, daging kerbau ini mulai digemari masyarakat dan mampu menggantikan daging sapi.

"Saya hanya ingin sampaikan bahwa kita hari ini sudah impor sekitar hampir 80 ribu ton dalam waktu kurang dsri setahun. Lalu dari 80 ribu itu tersisa 16 ribu, artinya kan terpakai, sisanya kan terserap dan Insya Allah tidak ada komplain baik dari sisi kehalalan, higienis, maupun dari sisi rasa," dia menandaskan. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bulog Jamin Stok Pangan Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

BERITA TERKAIT

Top