Selasa, 18 Desember 2018 |
News Room - Pariwisata

Bule Prancis Pulung Sampah di Ujung Kulon

Minggu, 19 Agt 2018 | 18:43 WIB Dibaca: 317 Pengunjung

Wisatawan mancanegara asal Prancis membersihkan sampah di Pulau Oar, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Minggu (19/8/2018).*

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Wisatawan mancanegara asal Prancis ikut membersihkan sampah yang berada di Pulau Oar, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Minggu (19/8/2018).

Hal tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ujung Kulon dengan tema 'Pantai Merdeka dari Sampah'.

"Ini kegiatan bersih-bersih pulau yang ke dua, yang sebelumnya dilaksanakan bertepatan dengan hari peduli sampah nasional," kata Ketua Pokdarwis Ujung kulon, Hudan Zulkarnaen.

Pada kegiatan tersebut, dirinya mengajak wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di Pulau Oar untuk ikut berpartisipasi membersihkan salah satu destinasi wisata favorit di Ujung Kulon tersebut.

"Sengaja kita ajak untuk menyadarkan semua bahwa warga asing juga peduli dengan sampah, masa kita warga sendiri, tanah kita sendiri, engga peduli, malu dong sama mereka," jelasnya.

Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan tersebut bisa membuka mata para wisatawan agar lebih memperhatikan kebersihan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

"Melalui momentum kemerdekaan ini, kami berharap tempat-tempat wisata di Ujung Kulon bisa merdeka atau terbebas dari sampah," harapnya.

Sementara itu, Anggota Sispala SMK 6 Pandeglang, Andi Muhammad menyambut baik dengan kegiatan tersebut, bahkan dirinya berharap kepada pemerintah agar ada sistem pengelolaan yang baik di pulau-pulau di Ujung Kulon.
 
"Semoga pemerintah bisa mengelola Pulau Oar dengan baik, karena masyarakat sekitar juga masih ada pengangguran, setidaknya dari pengelolaan itu bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakatnya," kata Andi.

Selain itu, ia juga menegaskan, pemerintah dalam hal ini harus tegas memberikan sanksi bagi wisatawan lokal atau mancanegara yang membuang sampah sembarangan di tempat-tempat wisata.

"Supaya tidak buang sampah sembarangan harus ada sanksi, kalau ketahuan sanksi agar wisatawan disiplin, baik wisatawan lokal dan asing, terutama sampah palstik dan botol," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bule Prancis Pulung Sampah di Ujung Kulon
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top