Rabu, 17 Oktober 2018 |
News Room - Highlight

Brigjend KH Syam'un akan Ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional

Sabtu, 01 Sept 2018 | 15:30 WIB Dibaca: 1107 Pengunjung

Tim Kemensos saat mengunjungi Kampus Al-Khairiyah Citangkil, Kota Cilegon, Sabtu (1/8/2018). [ist]*

CILEGON, [NEWSmedia] - Tim Penganugrahan Pahlawan Nasinoal Kementrian Sosial RI mengunjungi Ketua Umum Pengurus Besar Al-Khairiyah di Kampus Peradaban Islam Al-Khairiyah Citangkil, Kota Cilegon, Sabtu (1/9/2018).

Wasekjen PB Al-Khairiyah, Ahmad Munji mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka persiapan penganugrahan gelar pahlawan nasional 2018 yang akan diberikan kepada Brigjend KH Syamun oleh Presiden Joko Widodo.

"Tim Kemensos telah melakukan pengumpulan data tentang riwayat  perjuangan Brigjend KH Syam'un  sebagai syarat utama penganugerahaan pahlawan nasional," kata Munji.

Munji menjelaskan, sesuai dengan ketentuan UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, gelar diberikan kepada seseorang yang berjuang melawan penjajahan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

"Itu semua ada pada riwayat hidup Ki Syam'un,” jelasnya.

Munji juga mengungkapkan persiapan penganugrahan pahlawan nasional menjadi keseriusan presiden Joko Widodo yang berharap segala prosedur dan persyaratan pengajuan segera terpenuhi. 

“Ada keinginan dari Pak Presiden yang ingin mengangkat ulama besar Banten yaitu pendiri Al-Khairiyah menjadi Pahlawan Nasional. Pernyataan ini diungkapkan dalam beberapa kali pertemuan. Apalagi, Ki Syam'un bukan hanya ulama, tapi juga seorang militer dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal (Brigjen) dalam perjuangan merebut kemerdekaan,” tuturnya

Dalam proses pengajuan tersebut, Munji menyebutkan telah melibatkan berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, serta Pengurus Besar Al-Khairiyah yang bekerjasama untuk mempercepat terpenuhinya syarat pengajuan anugrah pahlawan nasional untuk Brigjend KH Syamun.

"Tim Kemensos juga turut meninjau langsung makam pahlawan Brigjend KH Syamun di Kamasan, Kabupaten Serang," pungkasnya. [rls]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Brigjend KH Syam'un akan Ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top