Senin, 17 Februari 2020 |
News Room

BPN Banten akan Ganti Sertifikat Tanah yang Rusak Akibat Banjir

Rabu, 15 Jan 2020 | 18:49 WIB Dibaca: 309 Pengunjung

Kepala ATR/ BPN Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng di Kantor Ombudsman Banten, Rabu (15/1/2020).*

SERANG, [NEWSmedia] - Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng mengaku akan mengganti sertifikat tanah yang rusak atau hilang bagi korban bencana banjir di wilayah Banten.

Menurutnya, proses penggantian sertifikat tersebut telah disosialisasikan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir dengan syarat-syarat tertentu.

"Bagi masyarakat yang jadi korban banjir yang punya sertifikat rusak kita akan ganti, kita akan permudah masyarakat dalam permohonan pengantin sertifikat, dengan syarat tertentu," katanya saat ditemui di Kantor Ombudsman Banten, Rabu (15/1/2020).

Bagi masyarakat yang sertifikat tanahnya rusak akibat banjir, lanjut Andi, pihaknya memastikan proses penggantian sertifikat tanah tersebut akan selesai dalam 14 hari kerja.

"Kalau sertifikat yang rusak itu ada dan bisa diidentifikasi, 14 hari selesai, SOP-nya sepertinitu, tapi kalau ga bisa diidentifikasi atau hilang, itu harus ada surat menyurat dulu, bahwa benar dia korban banjir dan sertifikat tanahnya hilang, harus ada keterangan itu," jelasnya.

Ia juga menegaskan, pihaknya hanya akan mengganti sertifikat tanah yang hilang akibat banjir, bukan batas tanah yang hilang.

"Ini buat yang lapor sertifikat tanahnya hilang, bukan batas tanahnya. Kalau sudah pernah terpetakan masuk dalam kita, kita akan mudah pengembalian batas tanah itu, tapi kalau belum pernah terdaftar, itu ga bisa," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

BPN Banten akan Ganti Sertifikat Tanah yang Rusak Akibat Banjir
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top