Senin, 25 Juni 2018 |
News Room - Pemerintahan

BPJS Luncurkan Program Prosalinsehat, Kurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten Serang

Kamis, 06 Apr 2017 | 14:30 WIB Dibaca: 532 Pengunjung

peluncuran program BPJS Prosalinsehat.*

SERANG, [NEWSmedia] - Untuk membantu peserta pasangan usia subur dan ibu hamil dalam menghadapi masa persalinan, dan menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan meluncurkan Program Persalinan Normal-Ibu Sehat-Anak Kuat (Prosalinsehat).

Kepala Divisi BPJS Kesehatan Regional XIII, Benjamin Saut PS mengatakan, ada tujuh akitifitas yang diintegrasikan dalam program tersebut, mulai dari pemahaman kepada ibu hamil, teleconsulting, reminder, program senam ibu hamil, sampai mentoring yang diberikan kepada ibu hamil dari tim spesialis.

"Kita ingin jadikan kelompok yang membuat ibu hamil terus terintegrasi sampai persalinan mereka normal," kata Benjamin saat ditemui di Aula Puskesmas Ciruas Kabupaten Serang, Kamis (6/4/2017).

Ia mengatakan, salah satu penyebab meningkatnya AKI dan AKB adalah tidak adanya edukasi yang diterima oleh ibu saat hamik, sehingga akibatnya persalinan tersebut tidak berjalan normal bahkan resiko kematian terhadap ibu dan bayi dan akan berdampak pada kesehatan ibu dan bayi.

"Di wilayah Divre XIII sejumlah 24.709 dari total 105.986 kasus persalinan (rasio:23,31%) kita ingin menekan angka itu sampai 15 persen, sehingga persalinan normal meningkat 75 persen, AKI dan AKB ini paling banyak terjadi di Lebak," terangnya.

Sementara itu, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, dengan dicanangkannya program tersebut, pihaknya berharap, masyarakat Serang dapat lebih peduli dengan kondisi kesehatannya.

"Semakin tinggi kepedulian peserta akan kondisi kesehatannya, semakin tinggi pula kualitas hidup masyarakat Kabupaten Serang," pungkasnya. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

BPJS Luncurkan Program Prosalinsehat, Kurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten Serang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top