Rabu, 02 Desember 2020 |
News Room

BPJS Kesehatan Permudah Layanan saat Mudik Lebaran 2018

Senin, 04 Jun 2018 | 19:37 WIB Dibaca: 617 Pengunjung

Konferensi pers 'Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan' di Kota Serang, Senin (4/6/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mempermudah pelayanan bagi peserta selama mudik lebaran tahun 2018.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Katimantan Barat dan Lampung, Fachrurrazi mengatakan, pada H-8 sampai H+8 lebaran, peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kasehatan selama hari libur ldul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Untuk peserta JKN-KIS yang menjalani mudik, apabila membutuhkan pelayanan kasehatan di Iuar kota, dapat memperoleh palayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP) yang bekarja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun tidak terdaftar di FKTP itu," kata Fachrurrazi saat konferensi pers di Kota Serang, Senin (4/6/2018).

Ia menjelaskan, prinsip portabilitas pada Pragram JKN-KIS bisa dirasakan saat-saat mudik Iebaran, sebab menurutnya, sesuai dangan paraturan parundang-undangan, pesarta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kasahatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut.

"Hat itu sudah menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan," jelasnya.

Ia menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan.

”Pada keadaaan kegawatdaruratan seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjut, wajib membererikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS," terangnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada peserta JKN-KIS yang sedang mudik, untuk selaIu membawa Kartu JKN-KIS, sebab menurutnya, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan yang aktif.

"Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesenaannya selalu aktif," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

BPJS Kesehatan Permudah Layanan saat Mudik Lebaran 2018
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top