Jumat, 26 April 2019 |
News Room - Kesehatan

BPJS Kesehatan Cabang Serang Gelontorkan Rp134 Miliar untuk Bayar Klaim

Selasa, 16 Apr 2019 | 19:06 WIB Dibaca: 162 Pengunjung

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang, Soflen di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Serang, Selasa (16/4/2019). *

SERANG, [NEWSmedia] - Sepanjang April 2019, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Serang telah membayarkan Rp134 Miliar untuk dana kapitalis dan tagihan klaim kepada seluruh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang, Sofyeni mengatakan, di wilayah kantor cabang Serang, ada sebanyak 281 FKTP dan 24 FKRTL yang telah dibayarkan dana kapitasi dan tagihan klaimnya oleh BPJS Kesehatan setempat. 

"Dibanding Januari-Februari, Maret-April sudah mulai cukup besar karena Januari-Februari kita masih menunggu iuran dan dari pemerintah belum ada pencairan," kata Sofyeni di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Serang, Selasa (16/4/2019).

Ia menerangkan, dari Rp134 Miliar, pembayaran paling banyak adalah untuk jenis penyakit yang tidak menular (PTM) seperti diabetes, hipertensi dan penyakit jantung.

"Kasus paling banyak penyakit tidak menular (PTM), kalau dulu penyakit yang menular, trend sekarang sudah bergeser, ini akibat pola hidup juga banyak masyarakat yang mengkonsumsi makanan siap saji," terangnya.

Sementara itu, Humas BPJS Kesehatan Pusat, M. Iqbal Anas Ma'ruf mengatakan, secara keseluruhan, pihaknya telah menggelontorkan dana sebesar Rp11 triliun untuk membayar hutang klaim jatuh tempo BPJS Kesehatan kepada rumah sakit dan Rp1,1 triliun dalam bentuk dana kapitasi kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

"Sampai hari ini, tagihan klaim rumah sakit yang lolos verivikasi dan sudah jatuh tempo akan dibayar BPJS Kesehatan dengan mekanisme first in first out. Urutan pembayarannya disesuaikan dengan catatan kami, Rumah Sakit yang lebih dulu mengajukan berkas secara lengkap, tentu transaksi pembayaran klaimnya akan diproses terlebih dulu," kata Iqbal.

Iqbal juga menegaskan, dengan dibayarnya hutang klaim jatuh tempo oleh BPJS Kesehatan dirinya berharap pihak RS dapat bekerja secara optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada para pasien JKN-KIS. 

"Kami selalu berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN-KlS untuk memberikan pelayanan terbaik tanpa diskriminasi, sebagaimana yang diatur dalam regulasi yang ditetapkan pemerintah. Dengan demikian diharapkan masyarakat semakin yakin bahwa program ini akan terus berlangsung, rumah sakit menjadi lebih tenang dan tenaga kesehatan merasa nyaman,“ pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

BPJS Kesehatan Cabang Serang Gelontorkan Rp134 Miliar untuk Bayar Klaim
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top