Jumat, 26 Februari 2021 |
News Room

BPJS Kesehatan Buka Posko 'Spesial' di Merak

Sabtu, 09 Jun 2018 | 13:32 WIB Dibaca: 574 Pengunjung

Peresmian Posko BPJS Kesehatan di Pelabuhan Merak, Sabtu (9/6/2018).*

CILEGON, [NEWSmedia] - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyiapkan posko kesehatan di delapan titik padat pemudik seluruh Indonesia, salah satunya di Pelabuhan Merak, Banten.

Direktur Kepatuhan, Hukum, dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Bayu Wahyudi mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai wujud pengabdian dan kepedulian BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang melakukan tradisi mudik lebaran.

“Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa diperoleh secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkan keberadaannya,” kata Bayu setelah meninjau posko mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Merak Banten, Sabtu (09/06/2018).

Ia menjelaskan, Posko Mudik BPJS Kesehatan tersebut akan beroperasi selama 24 jam dan terdapat dua tim yang terdiri dari satu petugas BPJS Kesehatan, serta satu dokter dan dua paramedis yang berasal dari puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

"Sejumlah ambulance pun sudah disediakan untuk berjaga-jaga apabila ada pemudik yang mengalami kondisi emergency dan harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat," jelasnya.

Ia menuturkan, pihaknya meminta kepada peserta JKN-KIS untuk tidak perlu khawatir saat libur lebaran tahun 2018, tepatnya H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018, sebab menurutnya, peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Pada keadaaan kegawatdaruratan, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan, wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS," tuturnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh peserta JKN-KIS yang sedang mudik untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS dengan kepesertaan yang aktif.

"Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif," pungkasnya.

Untuk diketahui, posko mudik tersebut digelar secara serentak mulai 9 - 14 Juni 2018 di delapan titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Terminal Tirtonadi Surakarta, Stasiun Yogyakarta, Rest Area Cikampek KM 57, Pelabuhan Merak Banten, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Khusus di Pelabuhan Gilimanuk Bali, Posko Mudik ini dibuka mulai tanggal 7 Juni 2018. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

BPJS Kesehatan Buka Posko 'Spesial' di Merak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top