Rabu, 25 November 2020 |
News Room

BPBD Provinsi Banten Kekurangan Menara Telekomunikasi

Senin, 27 Mar 2017 | 13:50 WIB Dibaca: 957 Pengunjung

pelatihan BPBD Banten.*

SERANG, [NEWSmedia] - Kurangnya jumlah menara komunikasi milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, belum bisa mengakomodir informasi bencana di seluruh daerah, khususnya daerah Banten Selatan.

BPBD Banten saat ini hanya memiliki dua menara telekomunikasi yang bisa digunakan sebagai media informasi bencana, yakni di Gunung Pinang dan Gunung Karang.

"Tower untuk radio kita ada dua, di Gunung Pinang dan Gunung Karang. Dimana pda tahun sebelumnya alat komunikasi ini tidak aktif, makanya mulai sekarang kita aktifkan kembali, terutama untuk wilayah Banten Selatan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Banten, Supriyadi, saat mengadakan acara pelatihan operator radio komunikasi di Hotel Wisata Baru, Kota Serang, Senin (27/3/2017).

Ia mengatakan, keberadaan menara radio sangat penting, sebab menurutnya, dari menara tersebut segala bentuk informasi kebencanaan bisa disampaikan kepada masyarakat melalui BPBD Provinsi Banten.

"Karena radio bisa menyebarkan informasi secara cepat dan baik kepada masyarakat Banten," katanya.

Meski demikian, pihaknya masih menunggu bantuan pengadaan tower untuk daerah Banten Selatan. "Selama ini belum ada konfirmasi, yang ada baru dua, rencananya kedepan ada penambahan di Lebak Selatan, di daerah Cikotok, tapi belum direalisasikan," ujarnya.

Selain itu, BPBD Provinsi Banten menghimbau kepada seluruh masyarakat Banten, agar bisa mengantisipasi secara dini setiap timbulnya bencana.

"Kalau BPBD Provinsi kan sifatnya koordinator, setiap ada bencana kita berkonsultasi dan berperan aktif dengan Kota/Kabupaten, karena yang punya wilayah di sana, baru nanti kita berikan bantuan dan penanganan secara komperehensif," pungkasnya. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

BPBD Provinsi Banten Kekurangan Menara Telekomunikasi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top