Sabtu, 20 Oktober 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Borobudur Gelar Festival Internasional, Hadirkan Seniman-Seniman Kelas Dunia

Kamis, 20 Jul 2017 | 16:11 WIB Dibaca: 474 Pengunjung

Borobudur Gelar Festival Internasiona.*

[NEWSmedia] - Pesona Candi Borobudur merupakan kebanggaan bagi Indonesia. Sebab, sejak kehadirannya banyak wisatawan mancanegara termasuk pesohor dunia seperti, Barack Obama.

Tidak lagi heran, jika Candi Borobudur sudah menjadi magnet pariwisata di Jawa Tengah khususnya Joglosemar ( Jogja, Solo, Semarang). Untuk itu pemerintah setempat menghadirkan acara Borobudur Internasional Festival (BIF) 2017 untuk menarik kembali perhatian dunia.

"Adanya BIF ini diharapkan bisa membantu target kunjungan wisman ke Jateng khususnya Joglosemar. Tahun ini targetnya 15 juta kunjungan wisatawan lokal dan 20 juta wisman di 2019," ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam acara Launching BIF 2017.
Dalam penyelenggaraannya, acara yang berlangsung dari 28 - 30 Juli ini, akan menjadi wadah bagi seniman-seniman Tanah Air dan dunia. Beberapa negara seperti India, Jepang dan China juga sudah ikut berpatisipasi. Para seniman bisa menampilkan hasil karya terbaik mereka untuk dijadikan magnet utama di kawasan Joglosemar.

Tak hanya itu, dari 13 rangkaian acara ada delapan acara budaya yang dihadirkan. Budaya memang menjadi magnet utama untuk menarik perhatian wisatawan dunia.

"Dari 10 destinasi pioritas, Borobudur menjadi posisi teratas ketiga. Ini karena budayanya, hampir 60 % wisatawan datang ke Indonesia itu karena budaya. Budaya di Indonesia sudah masuk 20 terbaik versi World Economic Forum" jelasnya.
Semakin banyak kunjungan wisatawan tentu saja akan mempengaruhi perekonomian masyarakat sekitar. Terlebih, mereka juga akan menelusuri seluk beluk Jawa Tengah dengan waktu yang cukup banyak.

"Dalam tiga hari acara berlangsung tingkat hunian hotel akan meningkat, begitu homestay dan penginapan akan kebanjiran tamu. Penjual cinderamata, pemandu wisata, maupun pedagang akan sibuk melayani tamu," ulasnya.

Dalam rangkaian acara BIF 2017 para seniman dari China, Jepang, dan India akan melakukan kolaborasi pertunjukan seni budaya dengan para seniman dari berbagai daerah di Tanah Air.

Acara juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian daerah di antaranya dari Lumajang, Banten, Pekalongan, Kota Tegal, Cilacap, Jepara, Wonogiri, Rembang dan Magelang. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Borobudur Gelar Festival Internasional, Hadirkan Seniman-Seniman Kelas Dunia
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top