Rabu, 08 Juli 2020 |
News Room

BKN Jamin Tak Ada Kebocoran Soal Tes CPNS Tahun Ini

Senin, 27 Jan 2020 | 13:40 WIB Dibaca: 324 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan bahwa tidak ada kebocoran soal dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggararan 2019. Seperti diketahui, SKD berlangsung serentak dilaksanakan di berbagai provinsi dan daerah pada hari ini, Senin (27/1).

Kepala BKN, Bima Haria Wibisan, mengatakan soal-soal SKD tahun ini dibuat langsung oleh konsorsium perguruan tinggi. Sedangkan soal diterima pihaknya dalam bentuk enkripsi yang diberikan langsung oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dalam prosesnya, soal yang dibuat oleh perguruan tinggi tidak langsung diterima oleh pihaknya. Melainkan diberikan terlebih dahulu ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setelah itu diserahkan kembali kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, lalu ke BSSN dan terakhir baru diterima di BKN.

"Jadi BKN tidak tahu soalnya. Hanya memfasilitasi tesnya. Kalau saya ditanya soal seperti apa, saya belum liat soalnya dan tidak mungkin bisa lihat soalnya," kata dia di Kantornya, Jakarta, Senin (27/1).

Sementara itu, terkait dengan dugaan adanya soal-soal beredar dirinya menilai hal tersebut bukan lah soal asli. Melainlan sebuah kisi-kisi yang diberikan kepada CPNS melalui bimbingan tes.

"Kita kan berikan kisi-kisi, di Permenpannya kan ada kisi-kisi. Seandainya bimbingan tes buat soal berdasarkan kisi kisi itu silakan saja. Gak susah juga buat soal seperti itu," tandas dia. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

BKN Jamin Tak Ada Kebocoran Soal Tes CPNS Tahun Ini

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top