Selasa, 18 Juni 2019 |
News Room - Politik

Besok, Gugatan Hasil Pilpres Disidangkan di MK

Kamis, 13 Jun 2019 | 14:02 WIB Dibaca: 181 Pengunjung

Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). [ist]*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana sidang Gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 yang akan dimulai pada Jumat, 14 Juni 2019 pukul 09.00 WIB.

Juru Bicara MK Fajar Laksono mengatakan, dalam sidang nanti seluruh hakim konstitusi akan mendengarkan dalil permohonan yang diajukan pemohon yakni pihak capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Setelah kemarin menyerahkan permohonannya kemudian diregistrasi besok di dalam sidang itu, pemohon diberikan kesempatan untuk menyampaikan pokok-pokok permohonannya di depan persidangan, di depan termohon di depan pihak terkait dan Bawaslu," kata Fajar di gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).

Setelah menjabarkan seluruh alat bukti, lanjut Fajar, hakim konstitusi akan meneliti seluruh bukti-bukti yang telah dijelaskan oleh pihak pemohon. Lalu, apabila tak memenuhi syarat, maka bukti tersebut dinilai gugur dan tak bisa dijadikan dasar dalam permohonan.

"Pemohon akan menyampaikan pokok-pokok permohonannya dan pasti akan disinggung soal alat bukti. Mungkin juga akan ada pengesahan alat bukti pada sidang pertama besok," ujarnya.

Sementara, mengacu ke Peraturan MK (PMK), pihak termohon yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), pihak terkait yakni pihak 01, serta pemberi keterangan dalam hal ini Bawaslu hanya mendengarkan pembacaan bukti-bukti yang dibacakan oleh pihak Prabowo-Sandi.

Untuk diketahui sebelumnya, BPN Prabowo-Sandiaga menolak hasil rekapitulasi nasional yang dilakukan oleh KPU.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, pasangan Prabowo-Sandiaga kalah suara dari pasangan calon presiden dan wakil presiden 01, Jokowi-Ma'ruf. Selisih suara keduanya mencapai 16.594.335.

Adapun Jokowi-Ma'ruf unggul dengan 85.036.828 suara atau 55,41 persen. Sementara Prabowo-Sandi mendapatkan 68.442.493 suara (44,59 persen). [okz]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Besok, Gugatan Hasil Pilpres Disidangkan di MK
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top