Jumat, 25 Mei 2018 |
Tekno

Berkendara Motor dengan Aman Sulit Dilakukan

Senin, 19 Des 2016 | 13:23 WIB Dibaca: 433 Pengunjung

Peserta Safety Ridding (Foto: Okezone).*

BOGOR, [NEWSmedia] - Dampak kecelakaan fatal lebih berisiko dialami pengendara sepeda motor ketimbang mobil. Apalagi jumlah sepeda motor yang berkeliaran di jalan semakin bertambah. Karena itu, upaya menggalakkan dan membudayakan safety riding pun terus dilakukan.

Namun tidak mudah menerapkan safety riding dalam berkendara sehari-hari. Hal ini diakui oleh seorang perempuan anggota komunitas sepeda motor Sonic di Bogor, Putri Annisa Lucy Prigita.

Menurut dia, meski setiap hari mengendarai motor, namun praktik safety riding sulit diterapkan. 

"Dengan belajar safety riding begini, jadi tahu ternyata bawa motor yang benar itu susah sekali. Kalau bawa motor biasa sehari-hari kan kita sering ikut ego sendiri. Nah di sini kan diatur dan yang benarnya bagaimana," kata Putru, di acara Forwot (Forum Wartawan Otomotif) Road Safety Campaign 2016 di Bogor, Jawa Barat, Minggu 18 Desember 2016.

Dalam pelatihan itu, peserta harus mempraktikkan 12 modul dasar berkendara aman, yakni harus braking, counter weight lurus, counter weight U turn, tight maneuvering, counter steering lurus, counter steering circle of eight, balancing, macadam, ascending, braking and swerve, cornering & braking, serta judge and react.

Namun memprailktikkan safety riding saja ternyata belum.

Ketua Pelaksana Forwot Road Safety Campaign 2016 Wilfridus Zenobius Kolo mengatakan, seperti pelatihan-pelatihan keselamatan berkendara sebelumnya, acara ini diadakan dengan menggandeng komunitas pengendara sepeda motor agar mereka memahami berkendara aman di jalan raya. 

"Pelatihan terdiri dari dua bagian yaitu teori dan praktik. Di awal kursus, setiap peserta diberi pengetahuan teori mengendarai sepeda motor yang dilanjutkan dengan menerapkan semua teori yang telah diajarkan oleh para instruktur," ujar Wilfridus.[okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Berkendara Motor dengan Aman Sulit Dilakukan

BERITA TERKAIT

POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top