Minggu, 05 Juli 2020 |
Olahraga - News Gallery

Berkat Atep dan Febri Hariyadi, Persib Bungkam Sriwijaya

Sabtu, 29 Apr 2017 | 20:55 WIB Dibaca: 1024 Pengunjung

Pemain Persib Bandung, Atep Rizal.*

[NEWSmedia] - Persib Bandung akhirnya meraih kemenangan perdananya di Liga 1 2017. Adalah Atep dan Febri Hariyadi yang menjadi pahlawan kemenangan tim Maung Bandung. Di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (20/4/2017), Persib bungkam Sriwijaya FC 2-0.

Ini adalah kemenangan perdana Persib di Liga 1 2017 setelah sebelumnya hanya meraih dua hasil imbang. Mereka ditahan Arema FC 0-0 dan PS TNI 2-2. Untungnya, tren buruk itu tak terulang kala melawan Sriwijaya.

Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman membuat kejutan dalam penentuan susunan pemain. Itu karena ia memutuskan untuk mencadangkan dua Marquee Player mereka, yakni Michael Essien dan Calrton Cole. Sebagai gantinya, ia mengandalkan Raphael Maitimo, Dedi Kusnadar, dan Gian Zola di lini tengah.

Meski tanpa kedua pemain tersebut, Persib langsung tampil dengan tempo tinggi. Seperti di laga-laga sebelumnya, kecepatan Febri Hariyadi di sisi kanan serangan menjadi andalan tuan rumah.

Di menit kesembilan, Atep memberikan tekanan pertama untuk gawang Sriwijaya kawalan Teja Paku Alam. Sayang, tendangannya ke sisi kanan gawang Sriwijaya terlalu melebar. Tiga menit kemudian, Atep benar-benar menjadi momok bagi Sriwijaya.

Berawal dari manuver Tantan di sisi kanan pertahanan tim tamu hingga melewati Yanto Basna, umpan matang pun diberikan Atep. Pemain bernomor punggung 7 itu tak kesulitan menceploskan bola karena tak satu pun pemain Sriwijaya yang mengawalnya.

Di menit ke-24, serangan balik Laskar Wong Kito kembali membahayakan gawang Persib. Berawal dari akselerasi Alberto Goncalves, bola diberikan kepada Slamet Budiyono. Setelah mengecoh satu pemain, ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Untung bagi Persib, I Made masih bisa menepisnya.

Di menit ke-35, Atep mendapatkan peluang emas untuk menggandakan keunggulan. Tendangan keras Tantan yang membentur pemain Sriwijaya berubah jadi umpan matang buat Atep. Sayang, Atep terlalu lemah saat berusaha mengarahkan bola ke gawang.

Kejutan didapat para pemain Persib di menit ke-37. Yoo Hyun Koo nyaris menyamakan skor lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penati. Sial bagi Sriwijaya, bola tersebut hanya membentur tiang atas gawang I Made.

Jual beli serangan masih terus terjadi hingga akhir babak pertama. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit wasit Yeni Krisdianto meniup peluit panjang tanda jeda pertandingan. Keunggulan 1-0 Persib tetap bertahan.

Babak II

Persib mengawali babak kedua dengan melakukan pergantian pemain. Henhen Herdiana ditarik untuk digantikan dengan Wildansyah. Sebelumnya, pelatih Sriwijaya FC Oswaldo Lessa sudah lebih dulu mengganti dua pemain.

Sriwijaya yang tak ingin menelan kekalahan perdananya berupaya menyamakan skor. Di menit ke-49, pergerakan Beto sempat merepotkan lini belakang Persib. Sayang, finishing-nya masih mampu dihentikan I Made yang membaca arah bola dengan tepat.

Di menit ke-58, kiper Teja sempat melakukan kesalahan saat akan menangkap tendangan bebas Raphael Maitimo. Untungnya, tak ada pemain Persib yang menyambut bola tepisan kiper Teja.

Memanasnya tensi pertandingan terlihat jelas di babak kedua. Tercatat, ada dua pemain Sriwijaya yang menyusul Indra soal ganjaran kartu kuning. Adalah Rachmad Hidayat di menit ke-58 dan Firdaus Ramadhan di menit ke-61 yang mendapatkan kartu kuning.

Di menit ke-64, mantan pemain Persib yang kini membela Sriwijaya, memperlihatkan perannya. Ia melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti, tapi masih mudah untuk diamankan kiper I Made.

Di menit ke-66, pelatih Djanur melakukan pergantian yang disambut sorak-sorai Bobotoh. Pemain muda Fulgensius Billy Paji Keraf dimasukkan untuk menggantikan Gian Zola. Sebelumnya, Billy menjadi sorotan saat Persib ditahan PS TNI 2-2.

Setelah menunggu lama, Djanur akhirnya memasukkan Essien di menit ke-76. Tantan yang ditunjuk Djanur untuk ditarik keluar. Tak sampai semenit, Persib sukses menggandakan keunggulan. Adalah Febri yang menggetarkan gawang Sriwijaya setelah menuntaskan umpan terukur Shohei Matsunaga.

Di sisa waktu, Persib dan Sriwijaya sama-sama mendapatkan peuang untuk mencetak gol. Namun, tak satu pun gol tambahan yang tercipta hingga laga berakhir.

Susunan Pemain

Persib: I Made Wirawan, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Henhen Herdiana, Raphael Maitimo, Dedi Kusnandar, Gian Zola, Febri Hariyadi, Atep, Tantan

Sriwijaya: Teja Paku Alam, Yanto Basna, Firdaus Ramadhan, Gilang Ginarsa, Yoo Hyun Koo, Hendra Sandi Guawan, Alberto Goncalves, Hilton Moreira, Slamet Budiyono, Manda Cingi, Indra Permana. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Berkat Atep dan Febri Hariyadi, Persib Bungkam Sriwijaya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top